Peraturan Dasar Diet Paleo

Peraturan Dasar Diet PaleoSetiap metode pasti memiliki peraturan atau prinsip dasar yang harus dipenuhi oleh para pesertanya, peraturan ini untuk memastikan bahwa seseorang berada di jalan yang benar sehingga hasil yang didapat akan maksimal dan sesuai dengan tujuan semula.

Begitu pula dengan paleo, metode ini memiliki serangkaian peraturan yang harus ditaati oleh para pelakunya saat menjalankan diet paleo. Peraturan dalam paleo sedikit terbilang rumit apalagi jika sudah berbicara mengenai menu makan. Namun bila dipahami dengan baik dan dilakukan sedikit demi sedikit maka segalanya akan menjadi lebih mudah.

Perlu diingat bahwa ketika peserta mulai menjalankan metode ini maka tubuh akan melakukan adaptasi dengannya, proses adaptasi ini biasanya menimbulkan berbagai efek, untuk mengetahui efek apa saja yang mungkin ditemukan saat proses adaptasi berlangsung, silahkan baca di halaman ini [Baca: Beberapa efek samping paleo].

Dan berikut adalah beberapa peraturan dasar diet paleo yang wajib ditaati oleh para peserta agar hasil yang didapat sesuai dengan tujuan semula.

Hindari makanan berkarbohidrat

Paleo adalah salah satu metode yang menganut rendah karbohidrat namun tinggi protein, bukan hanya metode ini saja yang menganut prinsip dasar ini, tercatat ada puluhan metode yang juga melarang pesertanya untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat.

Oleh sebab itu seluruh jenis makanan baik sayuran maupun buah yang diketahui mengandung banyak karbohidrat dilarang untuk dikonsumsi selama menjalankan paleo.

Kentang, kacang, gandum, biji-bijian, berasĀ  dan jagung merupakan sebagian contoh sayuran dan buah yang tidak boleh dikonsumsi karena diketahui mengandung karbohidrat tinggi.

Konsumsi daging rendah lemak

Karena metode ini termasuk diet tinggi protein maka mau tidak mau daging menjadi makanan wajib, seperti diketahui bahwa daging merupakan makanan yang memiliki protein tinggi. Namun masalahnya adalah daging biasanya mengandung banyak lemak dan dapat meningkatkan kolesterol.

Oleh sebab itu paleo mensyaratkan daging yang bisa dikonsumsi hanyalah daging rendah lemak namun tinggi asam lemak. Asam lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol pada seseorang.

Daging yang memenuhi syarat keduanya meliputi daging sapi dan ikan, keduanya diketahui memiliki kadar lemak rendah namun mengandung asam lemak cukup tinggi.

Tinggalkan produk susu

Peraturan dasar terkhair yang wajib ditaati adalah tidak mengkonsumsi seluruh makanan dan minuman yang terdiri dari produk susu. Mentega, es krim, susu dan keju adalah beberapa contoh makanan yang dilarang. Lalu dari mana peserta paleo mendapat asupan kalsium? Bukankah kalsium merupakan mineral yang mendukung pertumbuhan seseorang dan menjaga agar tulang tetap kuat?

Kalsium tidak hanya terdapat pada produk susu, namun juga diketahui ada dalam seluruh jenis sayuran berdaun hijau tua serta tulang lunak ikan. Paleo memberikan keduanya sebagai sumber kalsium alami, tanpa harus mengkonsumsi produk susu tentunya.

tags: