Peraturan dasar diet atkins

peraturan diet atkinsSeperti yang sudah dijelaskan dalam kesempatan terdahulu bahwa metode ini memiliki empat fase dan masing-masing mempunyai aturan sendiri-sendiri [Baca: Yang perlu kita ketahui tentang metode diet atkins].

Meskipun pada halaman tersebut dijelaskan secara gamblang mengenai empat fase yang terdapat dalam metode ini, namun untuk aturan belum diuraikan secara detail.

Oleh sebab itulah artikel ini hanya akan menjelaskan semua aturan dalam setiap fasenya, setiap fase memiliki aturan yang harus dijalankan oleh penggunanya.

Berikut ini adalah peraturan dasar diet atkins yang berlaku dalam fase induksi, proses penurunan berat badan, pra-perawatan dan fase pemeliharaan.

1. Induksi

Ini adalah tahapan pertama dimulainya program diet, membutuhkan waktu sampai 2 minggu serta mengharuskan penggunanya untuk menurunkan asupan karbohidrat harian hingga di bawah 20 gram.

Untuk makanan yang diperbolehkan pada tahapan ini meliputi daging sapi, kalkun, kerang, telur, ikan dan ayam. Selain itu sayuran yang diizinkan dalam tahap ini adalah sayuran yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat seperti selada, seledri dan mentimun.

Larangan lainnya adalah mengkonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah seperti jagung, kentang, biji-bijian, pasta, kacang-kacangan, produk susu dan buah.

Memang tidak semua jenis buah dilarang, ada beberapa buah yang masih diperbolehkan untuk kita konsumsi seperti tomat, alpukat dan zaitun.

2. Proses penurunan berat badan

Ini adalah tahap kedua yang harus dijalankan, fase ini diawali setelah fase induksi selesai dan berakhir hingga mendekati tujuan akhir kita. Maksudnya adalah, jika tujuan akhir kita adalah dapat menurunkan berat badan sebanyak 50 Kg, maka masa berakhir fase ini adalah ketika berat badan berhasil kita susutkan hingga 40 Kg.

Dalam tahap ini kita diperkenankan untuk mengkonsumsi karbohidrat tambahan hingga 25 gram, karbohidrat tersebut bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan, keju, biji-bijian, buah-buahan.

3. Pra-perawatan

Fase ini dimulai ketika masa penurunan berat badan selesai dan berakhir sampai asupan karbohidrat kita stabil. Kestabilan karbohidrat ini ditandai dengan stabilnya berat badan.

Dalam tahap ke tiga ini, kita diharuskan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat bersih setiap minggunya. Lakukan sampai berat badan kita stabil, tidak naik mapun tidak turun.

Sumber makanan berkarbohidrat tersebut meliputi kacang-kacangan, buah-buahan tambahan serta sayur yang mengandung tepung seperti wortel dan kentang.

4. Tahap pemeliharaan

Tahap ini bermula ketika tujuan kita tercapai atau telah menyelesaikan fase ketiga. Tahap ini bertujuan untuk mempertahankan berat badan kita agar tidak terjadi lonjakan di kemudian hari.

Pada fase ini tentu saja kita telah mengerti betul tentang makanan apa yang boleh dan dilarang untuk dikonsumsi. Beberapa diantaranya telah kita bahas kemarin [Baca: Makanan yang dilarang dalam diet atkins].

Jika semua tahapan di atas kita jalankan dengan benar maka niscaya masalah obesitas yang selama ini kita hadapi dapat dihilangkan dengan mudah.

tags: