Penyebab rambut rontok pada remaja

rambut rontok pada remajaMeskipun penyebab kerontokan baik pada remaja maupun orang yang lebih tua tidak terlalu berbeda, namun pada beberapa kasus sering ditemukan pemicu yang tidak ditemukan pada pasien yang lebih tua.

Untuk memahami isi tulisan ini, dianjurkan untuk membaca informasi penting yang telah dijelaskan di halaman berikut terlebih dahulu [Baca: Penyebab rambut rontok].

Hal ini karena isi tulisan pada halaman ini masih memiliki kaitan kuat dengan apa yang telah dipaparkan di halaman tersebut.

Rambut rontok memang bisa menimpa siapa saja, tapi dari data dan fakta yang ada di lapangan menunjukkan bahwa gangguan ini lebih sering ditemukan pada usia remaja dibanding orang yang lebih tua.

Apa saja alasannya? Berikut adalah penyebab rambut rontok pada remaja seperti dikutip dari jurnal kesehatan rambut.

1. Kurap atau jamur

Salah satu penyebab paling populer namun jarang diketahui orang banyak adalah gangguan jamur. Jamur ini dapat berkembang dan menginfeksi kulit kepala sehingga ditemukan serpihan-serpihan kulit yang biasa kita namakan ketombe.

Gejala yang paling mudah ditemukan pada kondisi seperti ini adalah rasa gatal disertai dengan panas pada bagian kulit kepala yang terinfeksi. Jika kondisi ini menimpa kita, maka langkah terbaik adalah dengan mengunjungi dokter dan meminta obat untuk mengatasi gangguan jamur tersebut.

Jangan dibiarkan terlalu lama karena kerontokan sangat mungkin mengarah pada kerusakan permanen.

2. Diet

Setiap program diet memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, program ini diciptakan sebagai langkah cepat untuk menurunkan berat badan.

Sayangnya dalam banyak kasus sering ditemukan adanya jenis makanan tertentu yang dilarang untuk dikonsumsi, contoh mudahnya adalah peraturan pada diet vegan yang jelas-jelas melarang pelakunya untuk mengkonsumsi daging dan ikan.

Seperti kita tahu bahwa tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi lengkap agar kesehatannya terjaga, dengan tidak mengkonsumsi daging dan ikan jelas kita kehilangan sumber protein hewani yang juga dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekuatannya.

Rambut akan mengalami kerusakan dan kerontokan karena tidak mendapat suplai vitamin atau nutrisi yang ia butuhkan. Maka dari itu, sebelum mulai melakukan atau menjalankan program diet tertentu kita wajib berkonsultasi dengan pakar gizi atau dokter terdekat.

3. Tarikan

Masa remaja adalah masa dimana seseorang lebih memperhatikan penampilannya, bagian badan yang paling mendapat perhatian adalah wajah, rambut dan kulit.

Kebanyakan dari remaja putri gemar mengikat rambutnya ke belakang atau kesamping. Akibat dari hal ini kurang baik jika dilakukan terlalu sering karena tali atau apapun yang dipergunakan dapat merusak akar rambut.

Rusaknya akar dan folikel diketahui menjadi salah satu faktor terjadinya kerontokan pada remaja maupun lainnya.

tags: