Penyebab Minyak Berlebih di Usia Remaja

Penyebab Minyak Berlebih di Usia RemajaKondiosi ini menjadi masalah tersendiri yang biasa dihapadai oleh kalangan remaja, kulit berminyak, jerawat dan masalah komedo kerap kali muncul mengganggu kehidupan remaja putra dan putri.

Tidak semua remaja akan mengalami hal ini, tapi jika dilihat dari jumlahnya maka banyak remaja yang mengalami gangguan ini. Kondisi ini tidak muncul dengan sendirinya, ada penyebab yang memicunya dan biasanya berhubungan erat dengan pola makan dan ketidak stabilan hormon.

Untuk mengungkap lebih jauh, berikut kami jelaskan beberapa penyebab minyak berlebih di usia remaja seperti yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

Penyebab utama

Jika kebetulan anda seorang wanita, maka hal yang diduga kuat menjadi pemicu masalah tersebut adalah penurunan jumlah estrogen dalam tubuh dan digantikan dengan hormon lain yang memicu produksi minyak berlebih.

Dugaan lainnya adalah gangguan pada hormon yang biasa disebut dengan nama acromegaly, gangguan ini terjadi ketika ada sel tumor yang tumbuh.

Seperti diungkapkan oleh Mayo Clinic, gejala yang ditemukan bukan saja pada produksi minyak berlebih, namun juga ditemukan pembesaran pada wajah ataupun kaki, sakit tulang persendian dan pembengkakan wajah.

Selain kedua hal di atas, para ahli juga berpendapat bahwa masalah ini mungkin diakibatkan oleh perawatan kulit yang tidak tepat. Hal ini bisa dipicu karena penggunaan produk perawatan yang tidak cocok untuk jenis kulit konsumen.

Merawat kulit berminyak

Mulai selektif dalam memilih dan menggunakan produk perawatan yang cocok mungkin dapat menyelesaikan masalah, kombinasikan pula dengan hanya mengunakan produk berbasis cair dan menghindari produk yang mengandung minyak.

Produk yang dimaksud meliputi pelembab, pembersih, tabir surya dan lain sebagainya. Perhatikan label pada kemasan produk perawatan tersebut.

Ketika memilih produk kosmetik, majalah Marie Claire merekomendasikan kita untuk selalu menggunakan kosmetik atau makeup mineral. Bentuk makeup ini bisanya ditemukan dalam wujud bubuk.

Perawatan medis

Jika segala perawatan alami di atas tidak juga menyelesaikan masalah tersebut, maka lakukan pula perawatan secara medis. Metode pertama yang akan dicoba dokter mungkin terapi penggantian hormon yang bertujuan untuk meningkatkan produksi hormon estrogen.

Namun jika ternyata pemicu masalah yang kita hadapi diakibatkan karena adanya sel tumor atau acromegaly, maka terapi pembedahan mungkin akan dilakukan.

Pengobatan yang dilakukan tentu saja berbeda, tergantung dari pemicu masalah tersebut. Oleh sebab itu jangan pernah abaikan masalah sekecil apapun karena mungkin saja persoalan tersebut menjadi tanda dari penyakit ganas yang dapat membahayakan keselamatan.

Untuk cara alternatif lainnya, silahkan buka halaman terkait yang menjelaskan secara detail mengenai permasalahan ini.

tags: