Penyebab Kerontokan Rambut dan Solusinya

Penyebab Kerontokan Rambut – Apakah anda sedang mengalami kerontokan rambut? Jika iya maka mungkin penyebabnya kerontokan rambut dan Solusinya akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Perlu diketahui bahwa jumlah rambut manusia sekitar 100 ribu helai, sedangkan rambut yang rontok setiap harinya berkisar antara 60 sampai 100 helai. Ini adalah kondisi yang masih dianggap wajar oleh pakar rambut. Tapi bila jumlah rambut yang rontok melebihi 100 helai perhari maka ini adalah kerontokan yang tidak normal dan harus segera diatasi jika tidak ingin kehilangan rmbut anda nantinya. Namun sebelum mengambil langkah pengobatan, harus diketahui terlebih dahulu pemicu kerontokan tersebut. Karena dengan mengetahui penyebabnya maka langkah penanggulangan yang kita ambil bisa lebih efektif.

Berikut adalah penyebab kerontokan rambut seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Gaya rambut yang salah

Penyebab Kerontokan Rambut pada wanita yang pertama adalah Menggunakan pita atau penjepit rambut yang terlalu ketat sangat tidak dianjurkan karena dapat melemahkan akar rambut yang dapat beresiko pada kerontokan parah. Mengikat rambut terlalu kencang juga sama buruknya dengan penggunaan pita atau penjepit secara berlebihan. Jika ini termasuk salah satu kebiasaan anda sekarang maka sebaiknya dihentikan sebelum semuanya terlambat.

2. Menjalankan diet yang salah

Banyak masyarakat yang mengartikan diet dengan meninggalkan makanan atau mengurangi porsi makan secara ekstrim. Padahal diet tidak seperti itu. Seseorang yang mengurangi porsi makan secara esktrim atau bahkan meninggalkan makan demi mendapatkan tubuh langsing dapat mengalami kekurangan gizi dan nutrisi. Kekurangan keduanya dapat membuat daya tahan tubuh dan metabolisme melemah sehingga mudah terserang penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Kekurangan gizi dapat berakibat buruk pada seluruh anggota badan termasuk rambut.

3. Faktor genetik

Jika ada salah satu dari anggota keluarga kita mengalami kebotakan atau kerontokan maka besar kemungkinan kita juga memiliki resiko yang sama.

4. Terlalu sering beruji coba dengan rambut

Berganti-ganti pewarna rambut dalam kurun waktu cepat, menjalin rambut terlalu kencang, berganti dari gaya rambut lurus lalu kemudian ikal dalam waktu beberapa bulan atau minggu. Itu adalah sejumlah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

5. Stres

Stres menjadi salah satu top tujuh penyebab kerontokan rambut, gangguan psikologis ini bisa terjadi karena tekanan hidup yang terlalu berat atau masalah di lingkungan kerja. Ketika seseorang mengalami stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol, hormon ini mempengaruhi tubuh secara keseluruhan dan bisa berakibat buruk bagi rambut dan kesehatan secara keseluruhan.

6. Infeksi kulit kepala

Infeksi pada kulit kepala bisa terjadi karena banyak hal, salah satu penyebab yang paling umum adalah karena masalah jamur atau kurap. Oleh sebab itu pastikan rambut dan kulit kepala tetap dalam keadaan bersih agar tehindar dari segala jenis jamur dan kurap yang dapat berakibat pada infeksi kulit kepala.

7. Efek samping sampo

Penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia berbahaya bisa menjadi penyebab kerontokan rambut, selain itu salah memilih sampo juga bisa memicu kerusakan pada rambut. Untuk itu ketahui terlebih dahulu jenis rambut anda sebelum memilih jenis sampo yang akan digunakan. Pastikan agar sampo pilihan anda tidak megnandung bahan dan zat berbahaya. (Baca : Cara Mengatasi Rambut Rusak Alami)

Penyebab Kerontokan Rambut di Bagian Atas Kepala

Manusia rata-rata memiliki 100,000 sampai 150,000 folikel di kepalanya, sedangkan kerontokan baru dianggap wajar berkisar antara 50 sampai 100 helai. Jika jumlah kerontokan melebihi jumlah tersebut dan terjadi secara terus-menerus maka ini dianggap sebagai hal tidak normal, kondisi ini disebut sebagai gejala awal kebotakan apalagi jika penipisan tersebut cenderung berpola.

Agar langkah pengobatan dan pencegahan bisa kita lakukan secara maksimal dan tidak sia-sia, maka hal pertama yang perlu kita kenali adalah penyebab atau pemicu datangnya permasalahan tersebut. Tidak berbeda jauh dengan kerontokan yang banyak terjadi, usaha kita akan sia-sia dan tidak menghasilkan apa-apa jika kita sendiri tidak mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan rambut kita rontok. Dengan mengetahui penyebabnya, kita akan lebih mudah menghindari hal tersebut dan pengobatan yang kita lakukan dapat bekerja secara maksimal.

Lalu bagaimana jika kerontokan tersebut hanya terjadi pada bagian atas kepala seseorang? Ada banyak hal yang berhubungan dengan hal tersebut, berikut beberpa diantaranya. Di bawah ini adalah penyebab kerontokan rambut yang terjadi di bagian atas kepala seseorang.

kerontokan di bagian atas kepala

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada kulit kepala seperti kurap dan lain sebagainya adalah pemicu kerontokan yang paling sering dialami oleh manusia, namun begitu sangat mudah untuk mengatasinya. Cukup gunakan obat antijamur berbentuk oles ataupun yang harus diminum, jika masalah ini dapat segera dihilangkan maka rambut dapat tumbuh kembali.

2. Penyakit lupus

Menurut Lupus Foundation of America, kerontokan mungkin saja merupakan gejala penyakit lupus yang sedang menyerang. Hal ini karena fakta di lapangan menunjukkan bahwa 45% pasien penyakit lupus mengalami kerontokan pada bagian atas kepalanya. Manfaat Santan Kelapa Bagi Kulit Dan Rambut merupakan artikel wajib anda baca.

Penyakit lupus sendiri diketahui banyak menjangkiti penduduk Asia dan lebih banyak ditemukan pada wanita berusia 10 sampai 50 tahun. Jika kerontokan tersebut memang merupakan gejala lupus maka setelah penyakit ini dapat disembuhkan seharusnya dapat tumbuh kembali.

3. Traksi alopecia

Traksi alopecia sendiri merupakan kerontokan akibat rambut mengalami tarikan kuat dan berlangsung secara terus-menerus. Ini lebih diakibatkan oleh gaya rambut atau tatanan yang dipergunakan.

Oleh sebab itu kalangan remaja paling sering mengamai hal ini karena kecenderungan mereka yang suka berganti-ganti model rambut. Namun untuk penyebab satu ini kerontokan tidak terbatas hanya pada bagian atas kepala, namun lebih terletak pada bagian yang mengalami tarikan kuat. Tidak ada cara lain untuk mencegahnya kecuali dengan melepaskan semua ikatan pada rambut dan membiarkannya tergerai bebas.

4. Pola kebotakan

Kerontokan yang terjadi di bagian atas biasanya menunjukkan adanya pola kebotakan pada seseorang, hal ini pada umumnya diawali dengan penipisan pada area tersebut.

Meskipun sudah banyak cara yang bisa diambil untuk mengatasi hal ini namun jika langkah pencegahan tersebut terlambat diambil maka kebotakan tidak dapat terhindarkan. Maka dari itu jika kita mendapati terjadinya penipisan segeralah untuk mengunjungi dokter terdekat untuk mencari tahu bagaimana langkah dan penanganannya.

5. Hormon tidak stabil

Hormon yang tidak stabil diyakini oleh para ahli sebagai salah satu pemicu utamanya, ketidakstabilan hormon lebih sering terjadi pada masa remaja, masa ini merupakan masa yang rawan terhadap berbagai gangguan seperti kerontokan dan jerawat. Kedua jenis gangguan tersebut memang sangat dipengaruhi oleh stabil atau tidaknya hormon tubuh seseorang. Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan solusi untuk mengatasi masalah hormonal ini.

6. Depresi berkepanjangan

Depresi atau stress berkepanjangan bukan saja buruk bagi kesehatan seseorang, namun juga diketahui secara pasti dapat menyebabkan kerontokan pada seseorang. Saat seseorang mengalami tekanan atau depresi, maka tubuh orang tersebut memproduksi hormon kortisol yang dapat menurunkan sistem metabolisme tubuh serta melemahkan kekebalan tubuh. Jika hal ini dibiarkan maka bukan saja memicu kerontokan, namun juga dapat mengundang penyakit berbahaya lainnya.

7. Faktor keturunan

Jika seseorang memiliki family atau keluraga yang bermasalah dengan kerontokan, maka keluarga sedarah akan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap masalah kesuburan rambut.

8. Tatanan

Penataan yang dilakukan secara berlebihan dapat membuat akar rambut rapuh dan kehilangan kekuatannya, terlebih lagi jika tatanan tersebut melibatkan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak begitu cocok dengan kulit kepala si pengguna. Termasuk ke dalam kelompok ini adalah mengikat rambut dalam waktu lama dan terus menerus.

9. Efek samping obat tertentu

Beberapa obat penurun panas dan penyembuh flu memiliki bahan kimia yang bersifat panas, jika produk ini dikonsumsi dalam rentang waktu yang lama maka bukan tidak mungkin dapat mengakibatkan kerusakan pada penggunanya. Untuk mengetahui informasi ini lebih detail, kunjungi dokter terdekat dan tanyakan tentang obat apa saja yang dapat berakibat pada menurunnya kesuburan dan kekuatannya.

Solusi Menghentikan Kerontokan Rambut Secara Alami

Saat mengalami penipisan tentu hal ini tidak bisa didiamkan begitu saja, alasannya karena penipisan tersebut merupakan tanda awal kebotakan pada seseorang. Kerontokan bisa terjadi karena kebiasaan buruk, faktor lingkungan dan pola makan salah sehingga tubuh tidak mendapatkan vitamin yang ia butuhkan. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara mengubah semua kebiasaan tersebut sekaligus berada di tempat atau lingkungan yang jauh lebih bersih.

Selain menggunakan produk untuk menghentikan kerontokan, kita juga bisa mengatasi masalah kerontokan tersebut dengan Perawatan Rambut Alami. Alami di sini maksudnya adalah tanpa menggunakan produk komersil.

menghentikan kerontokan rambut

Berikut adalah cara menghentikan kerontokan rambut secara alami tanpa harus membeli atau menggunakan produk perawatan rambut komersil.

Langkah 1

American Academy of Family Physicians meerkomendasikan kita untuk melepas semua ikatan pada rambut, saran ini sebenarnya meliputi semua hal yang berkaitan dengan tatanan. Jangan pernah atau paling tidak kurangi kebiasaan mengikat rambut karena jika hal ini terus dilakukan maka folikel akan mengalami kerusakan dan akar tidak mampu menahan helaian rambut.

Langkah 2

Hentikan penggunaan pengering, pengering atau hair dryer boleh saja digunakan ketika dalam keadaan mendesak. Namun jika alat ini dipergunakan terlalu sering maka rambut akan mengalami kekeringan dan berbagai masalah akan muncul seperti pecah-pecah, bercabang bahkan terbakar. Gunakan kipas angin atau benda lainnya yang lebih aman tanpa harus memanaskan helaian rambut untuk mengeringkannya. Ini jauh lebih aman digunakan dalam jangka waktu panjang.

Langkah 3

Jangan oleskan minyak panas ke bagian kulit kepala, beberapa jenis minyak memang dikenal dapat menghentikan kerontokan seperti minyak zaitun dan rosemary. Namun kita harus memperhatikan suhu minyak tersebut, pastikan jangan mengoleskan minyak panas atau dalam suhu tinggi ke kulit kepala karena ini dapat merusak kesehatannya.

Langkah 4

Jangan pernah menarik atau menggosok dengan tangan atau benda lainnya, kekuatan akar rambut sangat terbatas, jika daya tarik yang diterima lebih kuat maka lambat laun akar menjadi semakin lemah.

Langkah 5

Gunakan topi atau kain dan beda lainnya untuk melindunginya dari paparan sinar matahari. Sinar matahari bukan hanya dapat merusak kulit namun juga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian rambut.

Langkah 6

Selalu perhatikan apa yang masuk ke dalam perut kita, hindari semua jenis makanan berlemak tinggi dan minim vitamin. Biasakan untuk mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan. Sayur serta buah-buahan memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh agar dapat mempertahankan kesehatan seluruh anggota badan. Kekurangan vitamin atau nutrisi tertentu dapat menimbulkan berbagai gangguan.

Baca Juga : 7 Masalah Rambut Pria Wanita dan Solusi Alaminya

Dengan menjalankan keenam tips di atas maka kesehatan rambut dapat tetap terjaga, selain itu tubuh akan lebih bugar dan semua organ tubuh dapat bekerja seperti biasanya.

tags: