Penjelasan Lengkap Metode Diet Paleo

diet paleoMetode ini mulai diperkenalkan ke publik oleh seorang Professor Loren Cordain di tahun 1970, paleo termasuk salah satu diet yang memfokuskan diri pada makanan alami.

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak praktisi diet mengembangkan metode ini sehingga bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti untuk kalangan atlit dan orang biasa pada umumnya.

Banyak aturan dasar yang harus dipahami sebelum menjalankan metode diet paleo, peraturan akan lebih sulit ketika kita harus berhadapan dengan jenis makanan apa yang bisa dikonsumsi dan makanan apa yang tidak diperbolehkan.

Namun jangan khawatir, kami akan menjelaskannya satu demi satu secara mendalam. Karena terlalu panjang jika harus ditulis pada satu halaman, maka tulisan ini akan kami bagi menjadi beberapa seri.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenaik metode diet paleo seperti dikutip dari beberapa ahli dan buku karya Professor Loren Cordain.

Tipe dan jenis

Diantara sebagaian besar metode diet yang dikenal manusia, mungkin paleo adalah metode yang paling ketat dalam mengatur makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pesertanya. Aturan ini tidak bisa diganggu gugat dan harus dipatuhi oleh pesertanya, tujuannya jelas, agar metode yang dijalankan memberikan hasil sesuai tujuan dasarnya.

Jenis lain dari paleo meliputi diet Instincto, diet wai dan crossfit. Semuanya memiliki aturan berbeda-beda meskipun pada dasarnya prinsip dasar yang digunakan satu yaitu fokus pada makanan alami.

Jenis makanan

Paleo mewajibkan pesertanya untuk mengkonsumsi protein tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian dan sayuran. Untuk sumber protein yang digunakan meliputi daging sami, daging unggas dan ikan.

Sedangkan sumber karbohidrat yang boleh dikonsumsi berasal dari sayuran dan buah-buahan. Adapun buah yang dikonsumsi harus terdiri dari beragam warna agar vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

Ingat, warna pada buah dan sayur pada umumnya menunjukkan kandungan vitamin, mineral dan nutrisi di dalamnya, oleh karena itulah paleo mengharuskan pesertanya mengkonsumsi banyak buah dan sayur yang memiliki warna berbeda-beda.

Buah dan sayur yang dimaksud meliputi pisang, bayam, wortel, jeruk dan paprika. Sedangkan kacang-kacangan terdiri dari kacang almond, biji kenari dan biji bunga matahari.

Larangan

Selain mengkonsumsi makanan yang dianjurkan, peserta juga wajib menghindari makanan yang dilarang seperti roti, sereal, pasta, susu, yogurt dan keju.

Penggunaan gula dan garam baik pada makanan ataupun minuman juga dilarang. Sedankgan jenis kacang-kacangan yang dilarang meliputi kacang tanah, kacang polong dan kentang.

Porsi

Aturan dasar lain yang tidak boleh dilanggar adalah makan sesuai dengan kebutuhan tubuh, untuk para olahragawan dianjurkan untuk memberikan 300 kalori pada tubuh tepat sejam sebelum latihan dimulai.

Anjuran dan saran

Tidak semua orang diperkenankan melakukan metode ini, oleh sebab itu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai melakukannya.

tags: