Penipisan rambut pada remaja

penipisan rambut pada remajaRemaja adalah masa yang paling rentan dengan berbagai gangguan kuit dan rambut. Kita tahu bahwa masa ini merupakan masa paling rawan terhadap jerawat dan kerontokan.

Untuk gangguan jerawat pada remaja kita telah mengulasnya dalam artikel sebelumnya, kali ini kita hanya akan membahas tentang penipisan rambut yang terjadi pada remaja.

Seperti yang sering dijelaskan dalam berbagai kesempatan, penipisan merupakan salah satu tanda atau gejala kerontokan yang jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kebotakan.

Penipisan lebih sering terjadi pada wanita, oleh sebab itu banyak para ahli menyatakan bahwa penipisan adalah salah satu pola kebotakan pada wanita. Meski demikian bukan berarti remaja pria tidak tersentuh oleh masalah ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang penipisan rambut pada remaja seperti telah dilansir dari berbagai sumber ahli.

Penyebab

Seperti halnya jerawat, kerontokan rambut juga bisa diakibatkan karena ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan ini terjadi karena banyak hal seperti penyakit dan lain sebagainya.

Dibanding usia atau masa lainnya, remaja adalah masa yang paling sering mengalami ketidakseimbangan hormon. Gangguan hormonal inilah yang sering mengakibatkan masalah jerawat dan kerontokan pada putra mapun putri.

Selain ketidakseimbangan hormon, gizi buruk menjadi salah satu faktor internal yang dapat menyebabkan penipisan rambut. Kekurangan gizi dan vitamin bukan hanya dapat memicu berbagai gangguan kulit dan rambut, namun juga dapat mempengaruhi sistem kerja organ tubuh.

Bila hal ini dibiarkan maka folikel tidak mendapat asupan gizi yang diperlukan sehingga menyebabkan kerusakan dan memicu kebotakan permanen.

Androgenetic Dan areata

Salah satu hal yang perlu kita ketahui tentang apa saja yang berhubungan dengan penipisan adalah areata dan androgenetik, keduanya memiliki kaitan erat dengan kebotakan berpola.

Androgenetic sendiri merupakan kebotakan remaja putra, meskipun sebagian wanitapun mengalaminya. Pola ini biasanya terjadi di usia remaja dan berlanjut hingga beberapa tahun kemudian.

Adapun areata merupakan kerontokan yang terjadi pada beberapa tempat dan disebabkan ketika sistem pertahanan tubuh menyerang sel sendiri.

Langkah pengobatan

Jika gangguan ini baru saja terjadi maka disarankan untuk segera menggunakan produk Minoxidil, jika busa produk ini digunakan dua kali sehari maka kerontokan dan penipisan dapat segera dihentikan. Pada beberapa kasus bahkan dapat memicu pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Khusus untuk remaja putra dengan usia 18 sampai 19 tahun dianjurkan untuk segera menggunakan Finasteride, suatu produk yang berfungsi untuk memblokir produksi hormon penyebab kerontokan.

Rekomendasi

Jangan pernah gunakan apapun sebelum berkonsultasi dengan dokter, hal ini untuk menghindari kesalahan dan kerusakan yang bertambah parah. Biasakan untuk menanyakannya dahulu ke dokter agar kita tahu apa yang sebaiknya dilakukan.

tags: