Pengertian Jerawat, Penyebab dan Cara Penyembuhannya

Pengertian JerawatPengertian jerawat – Dalam dunia medis, jerawat lebih dikenal dengan nama Acne Vulgaris, merupakan gangguan atau penyakit yang melibatkan kelenjar minyak dalam folikel rambut. Gangguan ini biasanya muncul di masa remaja dimana masa itu merupakan saat produksi minyak cenderung mengalami peningkatan.

Bila dibandingkan dengan penyakit lain maka jerawat digolongkan pada penyakit yang tidak berbahaya namun bekas yang ditinggalkannya memiliki dampak langsung pada mental pasien.

Perlu diketahui bahwa manusia mempunyai pori yang terhubung langsung dengan kelenjar minyak yang berada tepat di bawah permukaan kulit. Kelenjar tersebut terhubung dengan pori melalui kanal-kanal kecil, kelenjar ini memproduksi cairan berminyak atau yang biasa dinamakan dengan sebum.

Fungsi dari cairan berminyak ini adalah membawa sel kulit mati ke permukaan kulit agar lebih mudah dibersihkan dan dihilangkan. Namun ketika folikel atau kanal kecil tersebut mengalami penyumbatan maka penggumpalan cairan berminyak di bawah permukaan kulit tidak dapat terhindarkan.

Bila kondisi ini terus berlangsung maka hasil akhirnya adalah munculnya jerawat. Dari pengertian jerawat tersebut bisa kita pahami bahwa gangguan jerawat terjadi ketika terjadi penyumbatan pada kanal atau folikel yang berada di bawah permukaan kulit.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah pengertian jerawat, penyebab dan cara penyembuhannya seperti dilansir oleh beberapa pakar kesehatan kulit.

Jerawat berasal dari kata Acme yang mengandung arti titik tinggi, kata ini berasa dari bahasa Yunani yang memiliki pengertian hampir sama dengan titik atau spot.

Gangguan jerawat biasa muncul pada bagian tertentu seperti di wajah, punggung, leher dan bahu. Selain diakibatkan oleh penyumbatan pada kanal, para ilmuan juga menyimpulkan bahwa gangguan ini bisa disebabkan oleh bakteri jerawat.

Namun hasil penelitian yang baru-baru ini ditemukan dan dipublikasikan pada jurnal Investigative Dermatology di bulan Maret 2013 mengubah pemahaman dan pengertian jerawat kita selama ini bahwa semua bakteri jerawat memicu jerawat.

Pengertian jerawat, mengenal jenis dan tipe

Dilihat dari bentuk, ukuran dan asal masalah, jerawat digolongkan menjadi enam jenis yakni:

  • Whiteheads: Bintik kecil yang berada di bawah permukaan kulit
  • Blackheads: Di Indonesia sering dinamakan dengan komedo, merupakan bintik hitam berukuran kecil yang berada di permukaan kulit
  • Papules: Benjolan kecil berwarna merah muda yang berada di permukaan kulit
  • Pustula: Benjolan merah disertai nanah di ujungnya
  • Nobules: Benjolan berukuran besar dan sakit jika tersentuh
  • Kista: Benjolan berisi nanah dan meninggalkan bekas jerawat

Penyebab jerawat

Hingga saat ini para ilmuan masih belum yakin terhadap penyebab pasti jerawat, namun mereka beranggapan bahwa penyebab utama munculnya gangguan ini adalah kadar androgen.

Androgen sendiri merupakan salah satu hormon manusia yang jumlahnya cenderung meningkat pada usia remaja. Ketika androgen meningkat maka produksi minyak juga mengalami peningkatan dan terjadi proses seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Mengobati jerawat ringan

Jerawat ringan dapat diatasi dengan menggunakan krim anti jerawat yang bisa dengan mudah ditemukan di toko atau apotik terdekat. Krim anti jerawat tersebut biasanya mengandung bahan aktif sebagai berikut:

  1. Asam salisilat
  2. Retin A
  3. Benzoil peroksida
  4. Sulfur
  5. Asam azelaic

Bahan aktif tersebut telah terbukti secara medis dapat membantu seseorang dalam menghilangkan jerawat, perlu diperhatikan bahwa tidak semua produk menggunakan seluruh bahan di atas, produsen mungkin hanya memasukkan salah satunya saja.

Mengobati jerawat parah

Penting diingat bahwa jerawat yang sudah masuk level parah tidak bisa diatasi hanya dengan menggunakan krim anti jerawat, langkah ini tidak membawa hasil signifikan dan hanya membuang-buang waktu.

Langkah paling efektif dan paling dianjurkan oleh pakar kulit adalah dengan mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapat penanganan yang tepat agar gangguan tersebut dapat dihilangkan dan efeknya (bekas jerawat) mampu dikurangi.

Perawatan kulit berjerawat

Apa yang harus dilakukan jika wajah atau bagian lain telah ditumbuhi jerawat? Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk merawat dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat:

  • Jangan pecahkan jerawat, banyak orang justru berusaha memecahkannya karena memiliki pengertian jerawat yang salah
  • Cuci wajah dua kali sehari, jangan kurang atau lebih dari itu
  • Pastikan untuk tidak menyentuh jerawat dengan tangan
  • Pastikan untuk selalu menjaga tangan tetap bersih
  • Bersihkan makeup atau kosmetik sebelum tidur
  • Lindungi dari sinar matahari
  • Jika jerawat berada di punggung maka gunakan pakaian longgar agar kulit tetap dapat bernafas
  • Jauhkan rambut dari wajah

Faktor yang memperparah jerawat

Jerawat akan semakin parah jika seseorang melakukan atau mengalami beberapa hal berikut:

  1. Stres atau depresi
  2. Menggunakan kosmetik berbasis minyak
  3. Memecahkan jerawat
  4. Berada di suhu lembab atau panas
  5. Membiarkan rambut berminyak sampai ke wajah

Itulah sedikit bahasan tentang pengertian jerawat, masih banyak hal lain yang perlu kita ketahui tentang gangguan satu ini, untuk informasi lengkapnya, silahkan anda buka rubrik yang secara khusus menjelaskan semua hal yang berhubungan dengan jerawat [Baca: Jerawat dan hal apa saja yang perlu diketahui].

Artikel ini dibuat dengan tujuan memberikan pemahaman menyeluruh akan jerawat, penyebab dan pengobatannya, sehingga masyarakat luas tidak terjebak dengan pengertian jerawat yang menyesatkan.

tags: , ,