Pengertian dan Efek Samping Rebonding

efek samping rebondingRebonding merupakan salah satu metode perawatan rambut yang sangat populer dan tersedia di seluruh salon kecantikan. Metode ini telah lama ada dan digunakan untuk memudahkan seseorang dalam mengatur kembali rambut mereka.

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas secara mendalam tentang pemahaman, proses dan hal apa saja yang patut dipertimbangkan baik sebelum maupun setelah melakukan rebonding. Untuk lebih jelasnya silahkan anda buka kembali halaman ini dan baca semua informasi penting di dalamnya [Baca: Apa saja yang perlu kita ketahui terkait rebonding?].

Dan kali ini pembahasan akan fokus pada pengertian dan efek samping yang mungkin ditemukan setelah melakukannya. Berikut adalah pengertian dan efek samping rebonding seperti dikutip dari beberapa sumber.

Pengertian

Rebonding merupakan suatu metode perawatan rambut yang bertujuan untuk meluruskan rambut serta memudahkan dalam penataannya. Metode ini kian hari kian populer dan banyak diminati seiring opini dan pola pikir yang berkembang di tengah masyarakat bahwa rambut cantik adalah rambut panjang dan lurus.

Diakui atau tidak, sebagian besar wanita mengganggap bahwa rambut panjang dan lurus memikliki pengaruh besar atas penampilan dan kecantikan mereka.

Efek samping rebonding

Sebelum melakukan teknik ini, ada baiknya kita ketahui dulu apa saja efek yang biasanya ditemukan oleh wanita yang memilih meluruskan rambut mereka dengan metode ini.

  • Satu hal yang pasti terjadi adalah rambut akan kehilangan tampilan alami mereka, jika metode yang dipilih bersifat permanen maka perubahan itu pun akan bersifat permanen
  • Senyawa kimia yang digunakan dalam proses rebonding dapat meninggalkan efek permanen
  • Metode ini bukan merupakan metode instant karena membutuhkan waktu cukup lama antara 5 sampai 6 jam persesinya
  • Pada sebagian besar kasus, rambut akan lebih sulit diatur, kering dan mudah rusak sehingga perawatan yang dilakukan setelah rebonding harus lebih hati-hati
  • Banyak pula yang mengeluhkan tentang kerontokan rambut setelah metode ini dilakukan
  • Jika terjadi kesalahan saat merebonding rambut maka resikonya bisa menyebabkan kerusakan pada kulit kepala

Banyak efek samping lainnya yang tidak mungkin kami uraikan satu persatu di sini, namun keenam efek samping di atas sudah cukup mewakili lainnya dan patut menjadi bahan pertimbangan sebelum anda memilih untuk merebonding rambut.

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa metode ini populer seiring berkembangnya opini masyarakat yang menyatakan bahwa rambut lurus dan panjang dianggap lebih memberikan kesan cantik dan anggun untuk pemiliknya.

Karena hal tersebut hanyalah sebuah opini maka masih bisa diperdebatkan, untuk dapat terlihat cantik, wanita tidak perlu melakukan rebonding. Wanita berambut ikal pun akan terlihat anggun bila perawatan raqmbut dilakukan dengan benar, tidak perlu mengubah apapun dalam diri kita, cukup maksimalkan potensi yang ada.

tags: