Pengenalan dasar diet montignac

diet montignacSeorang pakar gizi kenamaan di Prancis dan penulis buku berjudul The French Diet serta The Glycemic Index Diet menyatakan bahwa diet montignac dapat membantu menurunkan masalah berat badan yang dialami oleh kita, selain itu metode ini pun diklaim dapat mencegah berbagai serangan penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan diabetes.

Nama metode ini diambil dari nama penemunya, dan dipublikasikan pada tahun 1980 setelah dibuktikan langsung oleh penemunya yaitu Michel Montignac.

Lalu apa saja yang perlu kita ketahui sebelum menjalankan teknik ini? Berikut adalah beberapa informasi penting terkait pengenalan dasar diet montignac seperti dikutip dari berbagai sumber.

Teori

Penyebab naiknya berat badan pada seseorang adalah kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuhnya, hal ini pada umumnya diakibatkan oleh makanan yang mengandung karbohidrat dan tepung sehingga meningkatkan kadar insulin.

Maka dari itu salah satu langkah untuk mencegah masalah kegemukan tersebut adalah dengan cara mengkonsumsi makanan berkarbohidrat rendah index glikemik seperti bayam, kacang hijau dan gandum.

Terlepas dari itu semua, teknik ini pada dasarnya membatasi asupan karbohidrat bagi para pesertanya karena dianggap dapat meningkatkan kadar gula dalam darah saat dikonsumsi.

Bila kondisi ini terjadi maka akan ada peningkatan sekresi insulin sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan masalah obesitas atau kegemukan.

Metodologi

Metode ini terdiri dari dua tahap yang harus dilalui oleh para pesertanya, tahap-tahap tersebut sangat sederhana dan relatif mudah dipahami oleh semua orang.

Pada tahap pertama, kita diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki index glikemik dibawah 35. Index glikemik sendiri merupakan pengelompokan berbagai makanan berkarbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Sistem pengelompokan yang digunakan adalah sistem yang mengikuti standar internasional. Untuk makanan lain selain karbohidrat, kita diperbolehkan mengkjonsumsi makanan berlemak tak jenuh seperti olive oil.

Sedangkan untuk protein kita diperkenankan mengkonsumsi semua sumber alami protein rendah lemak seperti daging unggas, kerang dan ikan.

Tahap satu ini sering pula dinamakan dengan tahap penurunan berat badan dan berakhir ketika tujuan atau target telah kita peroleh.

setelah target berhasil didapatkan maka kita masuk ke dalam tahap kedua atau tahap perawatan, dalam fase ini kita diperkenankan mengkonsumsi makanan berglikemik tinggi namun tetap dalam batas-batas tertentu saja. Batasan tersebut akan kita bahas dikesempatan mendatang.

Informasi tambahan

Menurut Mayo clinic, kita juga harus memperhatikan faktor pendukung lainnya karena jika hanya memperhatikan index glikemik saja maka hasilnya mungkin tidak seperti yang kita harapkan.

Faktor pendukung tersebut diantaranya meliputi tingkat kematangan, persiapan serta jenis makanan yang dikonsumsi secara bersamaan dengan makanan berindex glikemik rendah.

Saran dan pertimbangan

Sebelum memutuskan untuk menjalankan suatu program diet tertentu, kita wajib mengkonsultasikannya dengan dokter terdekat. Dokter biasanya akan memeriksa kondisi medis kita lalu menentukan metode apa yang palling baik untuk kita jalankan.

tags: