Pembersih Terbaik Untuk Kulit Berminyak

Pembersih Terbaik Untuk Kulit BerminyakSangat menjengkelkan memang jika kita bermasalah dengan produksi minyak berlebih di wajah, wajah akan mudah kotor dan rentan terhadap gangguan jerawat dan komedo.

Kondisi ini memaksa kita untuk selalu rutin membasuh wajah dengan menggunakan produk pembersih secara rutin, sayangnya beberapa produk pembersih wajah justru mengakibatkan kerusakan dan gangguan lain pada kulit seperti bercak merah, pengelupasan kulit tidak merata, gatal-gatal, iritasi atau kulit menjadi kering.

Efek samping di atas muncul ketika seseorang menggunakan produk pembersih yang kurang tepat, oleh karenya perlu diketahui terlebih dahulu pembersih seperti apa yang bisa digunakan untuk kulit berminyak.

Berikut adalah beberapa jenis pembersih terbaik untuk kulit berminyak seperti dilansir oleh beberapa jurnal kecantikan.

1. Pembersih ringan

Pastikan produk pembersih bersifat ringan dan tidak mengeringkan, jenis produk ini tidak memicu produksi minyak berlebih setelah digunakan. Berbeda halnya pembersih yang digunakan dapat mengeringkan, maka tubuh akan memproduksi minyak dalam jumlah lebih banyak guna mengantisipasi kulit kering.

Akibatnya adalah wajah akan lebih berminyak dibanding sebelumnya, untuk itu pastikan pembersih yang digunakan benar-benar memenuhi syarat dasar ini.

2. Pembersih jerawat

Jenis kulit yang paling rentan terhadap jerawat adalah kulit berminyak, oleh sebab itu pastikan pembersih yang akan kita gunakan memiliki kandungan aktif yang bekerja untuk mengangkat seluruh kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori.

Produk ini biasanya mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat, keduanya bukan hanya mampu mengeluarkan kotoran dari dalam pori-pori anmun juga dapat menghambat perkembangan bakteri dan kuman di permukaan kulit.

3. Pengangkat kulit mati

Pembersih yang memiliki fungsi untuk mengangkat lapisan kulit mati juga sangat direkomendasikan pakar kulit untuk digunakan oleh kulit berminyak. Kandungan asam glikolat bukan hanya mampu menghilangkan lapisan kulit mati dan meningkatkan regenerasi kulit, namun juga terbukti ampuh dalam mengurangi iritasi dan peradangan.

Ketiga jenis pembersih di atas sudah tersedia di toko kencatikan terdekat, ketiga jenis itulah yang paling cocok untuk jenis kulit berminyak agar terhindar dari masalah lain seperti komedo, jerawat dan flek hitam.

Selain menggunakan pembersih, orang yang memiliki jenis kulit seperti ini dianjurkan untuk melakukan beberapa metode perawatan lain seperti menghindari menyentuh wajah dengan jari atau tangan, memanfaatkan kertas blotting untuk menyerap minyak berlebih, hanya menggunakan produk perawatan berbasis cair, tetap menggunakan pelembab secara teratur.

Jika seluruh tips di atas tidak mampu mengendalikan masalah yang sedang dihadapi, maka dianjurkan untuk segera menghubungi dokter kulit terdekat untuk mengetahui lebih mendalam tentang masalah tersebut dan langkah terbaik untuk mengatasinya.

tags: