Pelembab alami untuk wajah berjerawat

Pelembab alami untuk wajahMeskipun sedang berjerawat, bukan berarti pelembab kita abaikan begitu saja. Kulit tetap membutuhkan kadar kelembaban yang tepat agar senantiasa sehat dan terhindar dari masalah lainnya.

Sayangnya hal ini akan lebih sulit dilakukan jika wajah sedang ditumbuhi jerawat, penggunaan produk pelembab yang salah bisa membuat penyebaran jerawat akibat perpindahan bakteri dan kuman yang berasal dari daerah jerawat tersebut.

Untuk mencegah hal itu maka banyak ahli merekomendasikan untuk menghentikan dulu produk perawatan komersil yang diduga mengandung bahan atau zat kimia berbahaya.

Sebagai alternatifnya kita bisa menggunakan produk alami buatan tangan yang lebih aman digunakan dan tidak menyebabkan masalah maupun efek samping dikemudian hari.

Berikut adalah beberapa pelembab alami untuk wajah berjerawat seperti dikutip dari beberapa jurnal kesehatan kulit.

1. Minyak zaitun

Banyak sekali pihak yang merekomendasikan salah satu jenis minyak kaya manfaat ini. Olive oil atau minyak zaitun dikenal memiliki kemampuan dalam melarutkan semua debu an kotoran yang ada di permukaan dan pori-pori kulit.

Selain itu kandungan vitamin E di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan kecerahan kulit. Jadi saat kita mengunakan minyak ini dalam perawatan kulit maka banyak manfaat yang kita dapat seperti kelembaban kulit tetap terjaga, kecerahan dan kesegaran serta terbebas dari berbagai macam yang dapat menyumbat pori-pori.

Kita perlu ingat bahwa penyumbatan pada pori adalah satu dari sekian banyak pemicu gangguan jerawat. Untuk mencegah persoalan jerawat lebih parah lagi maka kita bisa memanfaatkan minyak ini.

2. Madu dan susu cair

Siapa yang tidak kenal madu? Rasanya yang manis alami dan kaya manfaat membuat madu dikenal di seluruh dunia dan sering digunakan dalam dunia kecantikan.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Vitamin dan nutrisi tersebut diketahui berguna untuk melembabakan kulit dan mencegah radikal bebas.

Jika madu dan susu digunakan secara bersamaan maka khasiat yang kita dapat akan lebih hebat lagi, yakni dapat meremajakan kulit dan menghilangkan semua kotoran serta noda yang berada di wajah atau kulit.

Penggunaan kedua bahan tersebut telah dimulai sejak zaman kerajaan dulu dan terus dikembangkan dengan berbagai peralatan canggih dan dikemas menjadi produk yang diperjual-belikan.

3. Oatmeal

Oatmeal juga biasa digunakan sebagai pelembab kulit dan anti peradangan. Bahan makanan ini sangat cocok digunakan oleh orang yang berjerawat. Bukan saja dapat menjaga kadar kelembaban kulitnya namun juga mengurangi efek peradangan dan iritasi akibat jerawat tersebut.

Dengan harga yang sangat murah dan bisa didapat di toko makanan terdekat membuat oatmeal sering disejajarkan dengan madu, produk susu, minyak zaitun dan bahan kaya manfaat lainnya.

tags: