Patuhi Aturan Makan Ini Jika Ingin Langsing

aturan makanSelain melakukan berbagai jenis olahraga, pola makan juga wajib diperhatikan bila masih berkeinginan mendapatkan berat tubuh ideal. Kebanyakan wanita justru bermasalah dengan pola makan atau kebiasaan yang mereka lakukan setiap hari.

Bukan rahasia lagi jika salah satu kebiasaan buruk wanita adalah kegemarannya mengkonsumsi makanan cepat saji, gorengan, makanan berlemak dan berkalori tinggi.

Oleh sebab itu tidak mengherankan bila penderita obesitas lebih banyak diderita kaum hawa dibanding dengan pria. Pola makan memang memiliki pengaruh signifikan terhadap naik atau turunnya berat badan. Jika anda masih menginginkan tubuh langsing bak seorang model, maka patuhi semua aturan makan berikut ini.

Berikut adalah tujuh aturan makan yang harus dipatuhi untuk mendapatkan tubuh langsing dan berat badan ideal seperti yang diimpikan selama ini.

Konsumsi banyak protein

Protein berguna untuk membuat anda kenyang lebih lama sekaligus membantu proses pembentukan otot. Kita bisa mendapatkan protein dari hewan ternak atau beberapa jenis sayur dan buah.

Saat memutuskan untuk mengambil protein dari hewan ternak, maka berhati-hatilah terhadap kadar kolesterol dalam darah anda. Daging yang paling disarankan meliputi daging sapi dan ayam kalkun.

Perhatikan asupan lemak

Diakui atau tidak, lemak juga dibutuhkan manusia untuk berbagai keperluan. Namun lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh. Lemak jenis ini bisa kita dapatkan pada buah alpukat, kacang-kacangan, dan ikan laut.

Selain dapat membantu kita dalam menurunkan berat badan, lemak tak jenuh juga menjaga sistem saraf agar tetap bekerja dengan baik.

Hindari makanan berlemak

Hindari atau batasi konsumsi makanan berlemak jenuh tinggi, lemak jenis ini bukan hanya dapat menaikkan berat badan, namun juga diketahui dapat mengganggu kesehatan manusia.

Makanan seperti ini sangat mudah kita temukan di toko kelontong atau toko makanan. Makanan cepat saji dan makanan gorengan adalah contohnya.

Konsumsi makanan berserat

Agar tubuh mampu memproses semua makanan yang masuk dan menyerap seluruh nutrisi dan vitamin pada makanan tersebut, maka sistem pencernaan harus bekerja dengan baik.

Untuk menjaga sistem pencernaan tetap dalam keadaan baik salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Perlu diketahui bahwa makanan yang mengandung vitamin D hanya berupa reseptor yang baru dapat diaktifkan bila tubuh mendapat paparan sinar matahari. Beberapa penelitian menunjukan bahwa vitamin D termasuk ke dalam kelompok vitamin yang dapat menurunkan berat badan seseorang.

Waktu terbaik untuk mendapat paparan sinar matahari (Berjemur) adalah di pagi hari, mulai dari pukul 7 hingga 8 pagi.

Minum teh hijau

Antioksidan yang terdapat dalam teh hijau diketahui dapat membantu tubuh dalam membakar timbunan lemak. Dibanding kopi, meminum teh hijau di pagi hari lebih dianjurkan oleh banyak ahli.

Minum banyak air

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk menjaga metabolismenya tetap baik, ingat bahwa metabolisme sangat berperan penting terhadap kesuksesan proses pembakaran lemak.

Biasakan meminum 7 sampai 8 gelas air putih sehari agar terhindar dari dehidrasi yang dapat mengganggu metabolisme tubuh.

tags: