Olahraga dalam diet makrobiotik

olahraga dalam diet makrobiotikMeskipun metode ini berasal dari benua Asia, namun makrobiotik begitu populer di Amerika tepatnya di tahun 1970an. Metode ini menitikberatkan pada keseimbangan energi positif dan negatif.

Seperti pada program diet lainnya yang mengharuskan pelukanya untuk tetap berolahraga, dalam makrobiotik juga mewajibkan para pengikutnya untuk melakukan latihan setiap harinya.

Latihan atau olahraga yang dianjurkan tidak jauh berbeda dengan pola makan yang telah ditetapkan yakni menyeimbangkan energi negatif dan positif atau Yin dan Yang.

Olahraga tersebut meliputi tai chi, yoga dan pilates yang semuanya akan kita bahas bersama-sama di kesempatan kali ini.

Berikut adalah tiga macam olahraga dalam diet makrobiotik seperti dikutip dari pernyataan sumber resmi.

1. Tai chi

Menurut Mayo clinic bahwa tai chi merupakan gerakan peregangan berulang-ulang yang dilakukan secara lambat, tenang dan teratur. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari olahraga semacam ini.

Meningkatkan kekuatan otot, mengurangi depresi dan stress, mengurangi rasa sakit, meningkatkan fleksibilitas dan menurunkan tekanan darah seseorang.

Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang batasan usia, dengan menyelaraskan gerakan dan pernafasan maka pelaku dapat dengan mudah menyeimbangkan batin.

Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan latihan ini, silahkan lihat panduannya di video berikut ini.

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”TBvF6r6DOvc”][/youtube]

2. Yoga

Yoga bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh, tujuan yang mirip seperti dalam metode makrobiotik. Kita tentu sering mendengar nama ini tapi tidak tahu bagaimana melakukannya.

Sebenarnya tidak terlalu sulit memulainya, yoga hanya dilakukan dengan gerakan-gerakan sederhana yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelakunya.

Tujuannya memang sedikit mirip dengan tai chi, namun keseimbangan yang dituju dalam olahraga ini bukan batin melainkan badan. Seperti kita tahu bahwa keseimbangan diperlukan oleh tubuh agar proses pembakaran lemak dapat dilakukan dengan baik.

Keseimbangan sistem metabolisme misalnya, sangat dibutuhkan tubuh agar semua organ dapat bekerja dengan maksimal dan tujuan awal kita dapat segera tercapai.

Untuk mengenal gerakan-gerakan dasar dalam yoga, silahkan lihat dalam video berikut

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”e6Wt9CFb-4s”][/youtube]

3. Pilates

Pilates menitikberatkan pada penguatan pusat tubuh kita sehingga dapat meningkatkan keseimbangan. Latihan ini dapat merampingkan bentuk perut seseorang tanpa harus meningkatkan massa otot.

Latihan ini sangat cocok dijalankan ketika seseorang sedang menjalankan program makrobiotik karena berfungsi untuk menyeimbangkan fikiran dan tubuh.

Meskipun lebih bagus dijalankan oleh para pelaku makrobiotik, namun olahraga ini bisa dijalankan oleh siapapun tanpa memandang usia.

Jika anda belum pernah mendengar atau tidak terlalu familiar di telinga, silahkan putar video berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya.

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”NAuxkXR2huM”][/youtube]

Jika tiga latihan di atas bisa kita jalankan secara teratur sambil terus mengikuti semua aturan yang berlaku dalam makrobiotik maka niscaya dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

tags: