Olahraga akan digantikan oleh obat

berolahragaPembakaran kalori yang sekarang biasa dilakukan dengan melakukan olahraga tertentu mungkin bisa diganti dengan hanya mengkonsumsi obat tertentu di masa mendatang.

Sebuah study yang dirilis baru-baru ini dan dikutip dari New York Times menyebutkan bahwa menyuntikkan senyawa tertentu pada tubuh seseorang dapat menurunkan berat badan orang tersebut.

Kemungkinan ini didapat setelah beberapa ilmuan melakukan penelitian dan uji coba pada tikus, meskipun belum dicoba pada manusia namun kemungkinan ke arah sana sangat terbuka.

Senyawa tersebut masih dalam tahap pengkajian lebih lanjut untuk menentukan komposisi tepat dan aman bila dikonsumsi manusia, bila ini bisa terwujud maka dapat membantu orang yang tidak sanggup berolahraga dikarenakan keterbatasan fisik.

Selain meneliti sejauh mana keefektifan senyawa tersebut, para ahli juga sedang menelaah efek samping apa yang mungkin didapat oleh manusia bila senyawa tersebut masuk ke dalam jaringan tubuh mereka.

Meskipun diakui bahwa senyawa tersebut tidak dapat menggantikan fungsi olahraga secara keseluruhan namun tetap saja penemuan ini menjadi kabar yang sangat ditunggu-tunggu terutama oleh mereka yang tidak mampu berolahraga karena faktor keterbatasan waktu atau fisik.

Beberapa fungsi olahraga yang mungkin tidak dapat digantikan seperti meningkatnya hormon endorphin ketika sedang berolahraga, hormon ini berguna untuk meredakan stres dan memberi rasa nyaman.

Thomas Burris menyatakan bahwa ilmuan masih membutuhkan waktu lama untuk terus mengujinya serta menjawab berbagai pertanyaan yang belum terpecahkan.

Persoalan yang belum terpecahkan tersebut diantaranya adalah apakah ada resiko atau efek samping yang tidak terduga bila senyawa ini masuk ke dalam tubuh seseorang.

Meskipun Dr. Burris tidak menyangkal bahwa sebagian besar orang akan lebih memilih obat ini dibanding berolahraga, ia tetap menekankan bahwa tujuan produksi obat ini semata-mata untuk membantu penyandang cacat dalam memperoleh manfaat olahraga tanpa harus melakukan latihan tertentu.

Olahraga memiliki banyak manfaat baik yang sudah ditemukan maupun yang masih belum diketahui orang, seluruh manfaat dalam olahraga tersebut tentu saja tidak dapat tergantikan oleh obat-obatan.

Jadi tidak mungkin seluruh kebaikan yang ada dalam renang atau jogging bisa didapat hanya dari mengkonsumsi obat atau memasukkan senyawa tertentu ke dalam tubuh.

tags: