Mulai Beruban? Ini yang Harus Dilakukan

Mulai BerubanApapun warna rambut kita sekarang, pada saatnya nanti akan berubah warna menjadi putih atau abu-abu. Perubahan warna pada rambut tersebut terjadi secara alami dan beriringan dengan semakin bertambahnya usia seseorang.

Kondisi ini sebenarnya proses alami dan akan terjadi pada manusia, namun karena berbagai hal lain maka perubahan warna pada rambut terjadi lebih cepat. Bila ini yang sedang terjadi maka pola makan, gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat dituding menjadi penyebab munculnya uban di kalangan remaja.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi rambut yang mulai beruban? Dan informasi apa saja yang perlu diketahui mengenai persoalan ini? Berikut ulasannya.

Proses alami

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa perubahan warna rambut dari hitam, pirang dan lainnya ke warna putih atau abu-abu merupakan proses alami. Proses ini terjadi ketika bertambahnya usia seseorang, namun tidak semua orang akan mengalami hal sama. Sebagian besar akan mengalaminya di usia yang masih terbilang muda, sebagian lain justru tidak mengalaminya meski usia sudah terbilang tua.

Pokok masalah

Penyebab utama munculnya uban adalah ketika terjadi penurunan produksi melanin dalam tubuh. Melanocyes yang ada dalam tubuh berfungsi untuk memberikan warna pada kulit dan juga terbentuknya melanin, melanin sendiri merupakan pigmen berwarna hitam.

Melanin atau pigmen berwarna hitam ini kemudian dialirkan ke keratinosit, sebuah sel yang memproduksi rambut dan terletak di folikel. Jika sel ini tidak mendapat cukup melanin, maka bisa diketahui apa yang akan terjadi. Warna rambut tidak akan lagi hitam namun berubah menjadi putih atau abu-abu.

Namun jika tubuh memproduksi melanin dalam jumlah tetap dan stabil, serta mampu mengalirkannya pada keratinosit, maka rambut akan tetap hitam berapapun usia kita sekarang.

Waktu munculnya uban pada wanita

Sebagian besar wanita akan mulai beruban ketika masuk pada usia 34 tahun, namun seperti dijelaskan di atas bahwa jika produksi melanin mengalami gangguan maka kemunculan uban akan lebih cepat, dan bukan hal yang tidak mungkin bila itu terjadi pada wanita remaja.

Berhentinya proses pembentukan melanin pada kalangan remaja umumnya diakibatkan oleh kondisi tertentu seperti mengalami gagal ginjal, gangguan hormon atau faktor genetik.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Bila kemunculan uban diakibatkan oleh proses penuaan, maka tidak banyak yang bisa kita lakukan selain berusaha menerimanya. Namun bila kemunculan tersebut terjadi pada kalangan remaja maka biasanya terjadi gangguan pada produksi melanin, kondisi ini biasanya diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, pola makan yang tidak benar atau gangguan lainnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penyebab uban, kami sarankan baca artikel berikut ini [Baca: Enam penyebab utama uban], lalu kemudian jalankan gaya hidup dan pola makan yang benar seperti dijelaskan di halaman ini [Baca: Perbaiki pola makan dan gaya hidup untuk megnatasi uban].

Terakhir, buatlah obat tradisional untuk menghilangkan uban dengan mengikuti lima langkah mudah berikut ini [Baca: Cara menghilangkan uban dengan bahan alami].

tags: