Minyak Zaitun dan Perawatan Kulit

Minyak Zaitun dan Perawatan KulitMinyak ini telah dikenal sejak zaman dulu dan digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pengobatan dan terapi kecantikan. Terapi kecantikan yang dimaksud meliputi perawatan rambut dan perawatan kulit. Minyak zaitun kaya akan nutrisi dan vitamin yang memberikan dampak baik untuk manusia.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun meliputi:

  • Antioksidan: Kandungan ini berfungsi untuk memberikan perlindungan bagi kulit dari paparan sinar matahari dan kerusakan akibat polusi dan radikal bebas
  • Squalene: Memiliki fungsi yang hampir sama dengan antioksidan yakni memberikan perlindungan pada kulit sekaligus menjadikannya lebih halus dan lembut
  • Klorofil: Berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah munculnya tanda penuaan

Dari ketiga kandungan dan sifat di atas, bisa kita baca manfaat apa saja yang didapat ketika rutin menggunakan minyak zaitun dalam perawatan kulit. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai faedah minyak zaitun bagi kulit bisa anda baca informasi berikut ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai minyak zaitun dan perawatan kulit mulai dari manfaat, khasiat dan cara penggunaannya.

Menghilangkan kerutan

Kandungan antioksidan dan penyembuh dalam minyak ini membantu tubuh dalam memproduksi kolagen yang berguna untuk mengencangkan kulit, produksi kolagen berjalan sebagaimana mestinya dapat membuat kulit terlihat lebih kencang.

Mengangkat sel kulit mati

Keberadaan sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori, ini adalah salah satu pemicu utama munculnya jerawat dan komedo.

Agar terhindar dari masalah tersebut, kita bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya cukup mudah, siapkan minyak zaitun dan campurkan dengan garam laut. Oleskan pada kulit sambil dilakukan sedikit pemijatan, bilas sampai bersih dengan air dingin.

Perlu diketahui bahwa metode pengangkatan sel kulit mati ini juga digunakan oleh mayoritas salon kecantikan yang ada di Indonesia maupun di negara-negara lain.

Melembabkan kulit

Seperti halnya minyak esensial lainnya, minyak zaitun juga mampu memberikan kelembaban alami pada kulit. Oleskan sedikit minyak zaitun pada kulit yang bermasalah dan biarkan hingga mengering.

Memerahkan bibir

Jika dioleskan secara teratur pada bagian bibir, maka kelembaban bibir akan terjaga dengan baik dan terlihat lebih merah alami.

Mengangkat sisa makeup

Sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan benar da[at menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit dan mencegah masuknya udara ke dalam permukaan kulit. Akibatnya kulit akan terlihat lebih kusam dan rentan terhadap komedo dan jerawat.

Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke kapas lalu gunakan untuk memberihkan wajah, dalam sekali usap, sisa makeup dapat terangkat seluruhnya.

Masih banyak manfaat lain yang bisa didapat dari minyak ini, sebagian diantaranya telah kami ulas di artikel sebelumnya, silahkan buka beberapa artikel terkait di bawah ini.

tags: