Minyak Lavender Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Minyak Lavender Untuk Menghilangkan Bekas JerawatBaik luka bakar, tersayat atau bekas jerawat meninggalkan kerusakan pada jaringan kulit sehingga akan mengganggu penampilan seseorang. Saat ini terjadi tubuh akan mulai memperbaiki jaringan rusak tadi, namun karena kemampuan ini terbatas maka kulit tidak dapat kembali ke bentuk semula.

Oleh sebab itu dibutuhkan pengobatan dengan cara lain agar bekas luka tersebut dapat hilang dan kulit kembali ke keadaan semula. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya, namun setidaknya usaha ini bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi.

Salah satu hal yang paling direkomendasikan para ahli untuk menghilangkan bekas jerawat atau luka adalah minyak lavender. Minyak ini berfungsi untuk menghilangkan bekas luka semaksimal mungkin.

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait penggunaan minyak lavender untuk menghilangkan bekas jerawat dan bekas luka lainnya.

Bentuk

Minyak lavender berasal dari tanaman yang banyak tumbuh di negara Perancis serta Mediterania Barat, tanaman ini dapat tumbuh hingga dua sampai tiga meter. Berdaun ungu dan memiliki daun keperakan dengan batang yang runcing, bunga inilah yang biasa digunakan banyak orang untuk berbagai keperluan seperti pembuatan parfum ataupun obat herbal.

Sejarah

Minyak lavender mulai digunakan banyak orang pada abad pertengahan, dan pada tahun 1620 lebih banyak digunakan untuk mengatasi gangguan depresi dan sakita kepala. Meskipun berasal dari Perancis dan mediterania barat, minyak lavender lebih populer dan banyak digunakan di Inggris sebagai obat untuk mengatasi gangguan tidur.

Manfaatnya

Banyak manfaat yang bisa didapat dari minyak ini, beberapa diantaranya seperti mengatasi iritasi, menghilangkan peradangan pada kulit, menghilangkan rasa sakit pada luka dan lain sebagainya.

Meskipun Universitas Pittsburgh Medical Center menyatakan tidak cukup bukti untuk mendukung klaim bahwa minyak ini dapat menghilangkan bekas luka, namun seperti minyak esensial lainnya seperti minyak pohon teh, minyak zaitun dianggap memiliki kemungkinan tinggi dalam menghilangkan bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat.

Teori ini didasarkan pada pendapat beberapa ahli yang menyatakan bahwa kandungan linalyl aldehida serta linalool dalam minyak lavender memiliki banyak manfaat dalam mengatasi berbagai permasalahan pada kulit termasuk bekas luka dan bekas jerawat.

Cara penggunaan dan takaran

Sebuah buku berjudul Alternative Cures menjelaskan bahwa langkah terbaik untuk mengatasi berbagai gangguan pada kulit dengan minyak ini adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air lalu kemudian berendam di dalamnya selama beberapa menit.

Selain itu, beberapa pakar kulit juga menganjurkan untuk menggabungkan daging lidah buaya dan minyak lavender untuk kemudian digunakan sebagai masker. Cukup sediakan daging lidah buaya secukupnya kemudian campurkan beberapa tetes minyak lavender ke dalamnya.

Aduk sampai rata dan oleskan pada wajah atau bekas luka, diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air. Cara ini dilakukan setiap malam menjelang tidur maksimal satu kali sehari.

tags: