Minyak Kelapa dan Perawatan Tubuh, Bagaimana Cara Menggunakannya?

Minyak Kelapa dan Perawatan TubuhMungkin anda pernah atau sering mendengar tentang penggunaan minyak kelapa dalam perawatan rambut atau kulit. Pertanyaan yang mungkin muncul kala mendengar hal tersebut adalah apakah benar minyak kelapa bisa digunakan dalam perawatan rambut serta kulit dan seberapa efektifkah minyak tersebut?

Kali ini kami akan jelaskan secara mendalam tentang fungsi, manfaat dan bagaimana cara menggunakan minyak kelapa dalam perawatan tubuh. Kami gunakan kata ‘perawatan tubuh’ karena minyak ini bukan hanya digunakan untuk rambut atau kulit saja, namun juga bisa diaplikasikan pada wajah dan lainnya.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang minyak kelapa dan perawatan tubuh dilengkapi dengan cara penggunaannya.

1. Untuk kulit

Telah diketahui bahwa salah satu masalah yang sering menyerang kulit adalah kadar kelembaban menurun sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih kering dari biasanya. Kondisi ini tentu saja tidak bisa dibiarkan begitu saja karena efek yang mungkin timbul adalah kulit menjadi kusam, bersisik atau bahkan pecah-pecah.

Kita bisa mengoleskan krim atau lotion pelembab yang ada di pasaran untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut. Selain dengan menggunakan produk komersil, kita juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk melembabkan kulit.

Caranya sangat mudah yakni cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa ke permukaan kulit. Langkah ini terbukti efektif dalam mengatasi kulit kering sekaligus menjaga kadar kelembaban pada kulit.

Selain ampuh, minyak kelapa juga terbilang aman digunakan oleh seluruh jenis kulit karena tidak mengandung bahan kimia sehingga kemungkinan adanya iritasi sangat kecil.

2. Perawatan wajah

Wajah adalah salah satu bagian terpenting pada tubuh, bagian ini lebih rentan dan sensitif dari bagian tubuh lainnya. Paparan sinar matahari, penggunaan produk yang salah, pola makan dan gaya hidup yang salah serta faktor lingkungan dapat mempengaruhi elastisitas kulit wajah.

Akibatnya adalah munculnya tanda penuaan dini karena terjadi kerusakan pada jaringan sel kulit. Dalam minyak kelapa terdapat vitamin A dan C yang bukan hanya berfungsi untuk menutrisi kulit namun juga efektif dalam perbaikan atau penyembuhan jaringan kulit yang mengalami kerusakan.

Hanya mengoleskan minyak kelapa di bagian kerutan atau tanda penuaan dini lainnya, masalah tersebut cepat atau lambat akan segera teratasi.

3. Perawatan rambut

Asam lemak yang dikandung oleh minyak kelapa memiliki fungsi sebagai antibakteri dan anti virus, keunggulan lainnya adalah minyak ini lebih mudah diserap oleh kulit kepala. Lalu apa manfaat minyak kelapa bagi rambut? Mengoleskan minyak ini secara teratur dapat mengurangi masalah ketombe, bukan itu saja, kotoran yang menempel di kulit kepala bisa dengan mudah dihilangkan.

4. Perawatan tubuh

Seperti telah diungkapkan di atas bahwa salah satu kandungan minyak kelapa adalah vitamin C, sifat vitamin tersebut adalah sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

tags: