Minuman dan makanan penyebab jerawat

makanan penyebab jerawatDi Amerika saja, jumlah penderita jerawat berkisar antara 40 sampai 50 juta. Dan 85 persennya adalah remaja seperti data yang diambil dari American Academy of Dermatology.

Penyebabnya memang bisa bermacam-macam, namun secara garis besar gangguan ini muncul karena 4 hal seperti bakteri, peradangan, tersumbatnya pori-pori dan minyak berlebih.

Meskipun hingga saat ini para ahli belum menemukan makanan yang secara khusus dapat memicu jerawat, namun secara garis besar ada beberapa jenis bahan makanan dan minuman yang dapat memperburuk jerawat.

Berikut ini adalah beberapa jenis minuman dan makanan penyebab jerawat seperti dilansir oleh Academy of Dermatology.

1. Susu dan daging

Produk susu merupakan jenis minuman olahan yang mengandung bahan kimia antibiotik untuk sapi, senyawa ini diketahui dapat memicu gangguan jerawat.

Selain itu kandungan yodium pada pakan sapi diyakini dapat membuat seseorang bermasalah dengan jerawat.

2. Makanan laut serta bayam

Beberapa makan laut seperti udang, kepiting, lobster dan tiram diketahui memiliki kandungan yodium tinggi. Senyawa ini pun ditemukan pada bayam dan dapat mengakibatkan munculnya jerawat.

3. Makanan olahan

Makanan olahan apapun mungkin mengandung bahan serta senyawa yang kurang baik untuk tubuh. Bahan pengawet dan yodium yang terdapat pada garam beryodium juga menjadi penyebab munculnya jerawat.

4. Gula

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan serta minuman bergula dapat meningkatkan kadar insulin sehingga memicu munculnya berbagai masalah pada kulit.

Kentang putih, permen, es krim dan minuman bersodah adalah sedikit contoh diantara sekian banyak makanan serta minuman bergula tinggi.

5. Roti

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di BBC news tahun 2002 menyatakan, konsumsi roti secara berlebih dapat membuat seseorang bermasalah dengan jerawat.

Para ahli meyakini bahwa biji-bijian halus serta gula yang digunakan dalam pembuatan sebuah roti dapat memicu naiknya insulin dan berimbas pada masalah kulit.

6. Protein hewani

Masalah utamanya sebenarnya tidak terletak pada protein tersebut, tidak dapat disangkal oleh siapapun bahwa protein sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang segala fungsi organ tubuh.

Yang menjadi masalah adalah penggunaan obat pada hewan ternak, obat tersebut biasanya larut atau terbawa ke daging atau susu yang dihasilkan dari hewan tersebut.

Saat senyawa dari obat tersebut masuk ke dalam tubuh dan tidak dapat dikeluarkan secara normal, maka tubuh akan mendorongnya keluar melewati pori-pori kulit dan menyebabkan peradangan.

7. Lemak

Untuk point ini kita telah mengulasnya berulang kali, makanan berlemak bukan saja dapat berakibat buruk bagi kesehatan, namun juga dapat menimbulkan gangguan pada kulit seperti jerawat dan munculnya kerutan.

8. Kafein

Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi, beberapa diantaranya seperti coklat, kopi dan cola.

tags: