Menu makan diet dash

Menu makan diet dashMeskipun dirancang untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker, stroke dan penyakit berat lainnya, namun metode ini juga ampuh dalam mengatasi obesitas atau kegemukan.

Tentunya dengan mengikuti semua tatacara yang telah ditetapkan baik menyangkut gaya hidup serta pola makan. Khusus untuk pola makan, kita akan mengulasnya di sini secara lengkap mulai dari menu yang harus dikonsumsi saat sarapan, makan siang, makan malam serta cemilan yang mungkin bisa dikonsumsi.

Berikut ini merupakan daftar menu makan diet dash seperti yang dikutip dari sumber resmi program atau metode ini.

Sarapan

Untuk sarapan atau makan pagi, kita dianjurkan untuk mengokonsumsi buah-buahan segar, biji-bijian, produk susu rendah lemak dan sayuran. Semua jenis makanan tersebut dikenal memiliki serat yang tinggi serta mineral penting seperti kalsium dan lain sebagainya.

Pada dasarnya metode ini memang didesain untuk memasukkan semua jenis makanan kaya serat serta mineral penting namun tetap rendah lemak. Untuk minumannya kita diperkenankan untuk meminum cappuccino tanpa gula atau setidaknya tidak mengandung banyak gula.

Dengan mengkonsumsi semua makanan di atas pada pagi hari maka sistem pencernaan akan bekerja dengan maksimal dan siap mencerna semua makanan yang masuk pada waktu siang atau malam hari.

Jika sistem pencernaan dalam keadaan baik maka bukan hanya berat badan yang bisa diatasi, namun juga semua bentuk gangguan kesehatan yang melibatkan organ bagian dalam dapat dicegah.

Makan siang

Roti gandum beserta salad merupakan sebagian menu makan siang yang dianjurkan dalam program diet ini, untuk sup kita masukkan beberapa jenis kacang-kacangan.

Kita bisa menambahkan sejumlah sayur-sayuran dan buah-buahan segar pada salad agar ada variasi pada menu sehingga dapat mengurangi tingkat kebosanan kita terhadapnya.

Keju juga bisa kita konsumsi saat makan siang, tentunya keju yang tidak mengandung banyak lemak dan kolesterol sehingga tetap aman dikonsumsi oleh siapa saja bahkan penderita penyakit jantung sekalipun.

Sedangkan untuk menyehatkan organ jantung, kita bisa memasukkan susu krim ditambah sedikit buah ke dalamnya. Jangan lupa bahwa inti dari metode ini adalah menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Makan malam

Untuk makan malam kita bisa mengkonsumsi sup berbasis kacang kaya serat dan protein, gandum atau beras merah juga diperkenankan namun tetap dalam batas sewajarnya dan tidak boleh berlebihan.

Jika ingin mengkonsumsi daging, tambahkan beberapa jenis sayuran ke dalamnya agar mengimbangi kolesterola yang terdapat dalam daging tersebut.

Kue atau cemilan

Metode ini tetap membolehkan kita dalam mengkonsumsi cemilan atau kue, namun batasan dan aturan yang telah ditetapkan tetap tidak boleh dilanggar. Batasan tersebut meliputi kadar lemak, kolesterol, kalori, garam.

Usahakan untuk memilih kue dan cemilan yang tidak mengandung keempat bahan di atas atau beralih ke buah-buahan segar yang lebih menyehatkan.

tags: