Menu harian untuk menurunkan berat badan

menu harianUntuk menurunkan berat badan dibutuhkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat, makanan dapat dikatakan sehat ketika lemak dan kalori yang terkandung di dalamnya dalam jumlah terbatas.

Sayangnya makanan seperti ini sudah mulai sulit dijumpai, banyak penjual yang lebih memilih untuk menjual makanan berlemak tinggi atau minuman dengan kalori sangat tinggi.

Oleh sebab itu seiring dengan pengetahuan masyarakat yang sudah mulai berkembang dan kesadaran tentang kesehatan sudah mulai tumbuh, mereka lebih selektif dalam memilih mana yang akan dikonsumsi.

Jika menu makan kita tepat maka obesitas dapat diturunkan, hal ini sekaligus membuat kita lebih sehat dan leluasa dalam bergerak, makanan apa sajakah itu? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Berikut ini merupakan 4 menu harian untuk menurunkan berat badan seperti yang dikutip dari ahli gizi dan kebugaran.

1. Buah-buahan

Jangan pernah meragukan manfaat yang ada dalam buah, khasiatnya sudah diketahui dari sejak zaman dulu kala dan termasuk salah satu menu terpenting jika tetap ingin sehat.

Kaya vitamin serta mineral dan nyaris tidak mengandung lemak membuatnya masuk dalam kategori makanan sehat, buah dapat kita konsumsi dengan berbagai cara.

Dimakan mentah-menatah atau dalam bentuk jus, semuanya mengandung nilai dan manfaat yang sama. Namun beberapa ahli lebih menganjurkan untuk dikonsumsi dalam bentuk jus.

Alasan dibalik pernyataan itu karena memudahkan sistem pencernaan dalam memproses makanan tersebut dan vitamin serta nutrisi penting di dalamnya dapat lebih mudah diserap tubuh.

Jika begini keadaannya maka tubuh dapat berkembang dan mampu mendorong keluar semua lemak yang terdapat pada tubuh kita.

2. Sayur mayur

Jika ada buah maka ada sayur, dua bahan makanan tersebut tidak bisa dipisahkan lagi jika ingin sehat lebih lama, sama dengan buah, sayuran kaya akan gizi dan vitamin yang sangat dibutuhkan.

Kita bahkan telah dikenalkan dengan makanan ini semenjak kecil, ini menunjukkan begitu pentingnya makanan ini dalam menunjang tumbuh kembang dan terjaganya kesehatan manusia.

Lalu apa hubungan sayur dan kegemukan? Ada dan tidak bisa dipisahkan, sayuran membuat metabolisme tubuh berfungsi seara normal. Kaitan metabolisme dan berat badan seseorang sudah pernah kita bahas berulang kali dalam kesempatan yang telah lalu.

3. Ikan dan unggas

Kedua makanan ini memiliki nilai protein tinggi, berbeda dengan daging merah yang sama-sama berprotein tinggi namun mengandung lemak jenuh. Ikan dan unggas tidak mengandung lemak jenuh dalam jumlah besar.

Inilah keuntungan yang kita dapat, memastikan asupan protein harian yang cukup tanpa harus khawatir dengan kadar lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh.

Protein memiliki kaitan kuat dalam pembentukan tubuh dan proses pembakaran lemak, hal ini pernah disampaikan dalam beberapa kesempatan.

4. Putih telur

Sama dengan unggas dan ikan, putih telur syarat dengan protein. Jika ikan serta unggas masih mengandung lemak jenuh meskipun dalam kadar rendah, maka putih telur hadir tanpa lemak, karbohidrat dan kolesterol.

Oleh karena itu jangan heran jika para ahli meletakkan putih telur ke dalam urutan teratas sumber protein terbaik yang dibutuhkan manusia.

tags: