Mengulas jerawat pada anak

jerawat pada anakJerawat yang menyerang anak kecil memang bukan hal yang lumrah dan sangat jarang ditemukan, hal ini karena kelenjar minyak atau sebasea belum berfungsi sehingga jarang dari mereka yang bermasalah dengan kulit berminyak.

Kita tahu bahwa salah satu penyebab jerawat adalah penyumbatan yang terjadi pada pori, penyumbatan ini biasanya terjadi karena adanya sel kulit mati dan minyak yang berada di rongga pori-pori, saat teroksidasi maka akan terjadi peradangan pada kulit dan timbullah jerawat.

Jika kelenjar minyak pada seseorang belum berfungsi maka sangat kecil kemungkinannya bermasalah dengan jerawat, meskipun begitu tidak ada hal yang tidak mungkin.

Gangguan itu bisa terjadi bukan hanya karena ada penyumbatan pori, infeksi bakteri dan pola makan yang tidak sehat juga dapat memicu terjadinya gangguan pada anak.

Lalu apa saja yang perlu kita ketahui tentang jerawat pada anak? Berikut ulasan selengkapnya.

Gangguan medis

Dr. Gavin Walker mengatakan bahwa jerawat yang muncul pada anak menunjukkan bahwa ada gangguan medis yang sedang terjadi pada anak tersebut, oleh sebab itu jika ditemukan kondisi seperti ini maka segeralah untuk memeriksakan kondisi anak tersebut.

Teori ini pun kuatkan oleh penelitian yang telah dilakukan sebuah Universitas negeri New York. Jika hal ini menimpa anak maka kita sebagai orang terdekatnya harus segera mengambil langkah cepat agar tidak terjadi sesuatu yang buruk.

Penyebab

Seperti dinyatakan di atas bahwa jerawat yang terjadi pada anak kecil bukanlah sesuatu yang lumrah sehingga kita bisa menganggapnya gangguan biasa.

Penyebab masalah ini bisa karena gangguan medis, tumor bahkan tumbuhnya sel kanker. Ingat bahwa ganguan kulit pada remaja adalah hal yang wajar meskipun tetap harus diatasi dengan segera.

Namun jika hal tersebut menimpa anak maka gangguan tersebut bisa menjadi tanda adanya serangan penyakit ganas atau berat sehingga harus cepat didiagnosis untuk mengetahui keadaan sebenarnya.

Diagnosa

Diagnosa dilakukan setelah gangguan tersebut tidak juga berkurang dalam kurun waktu satu minggu, diagnosa dilakukan oleh dokter dalam waktu yang singkat.

Namun jika dokter menyarankan kita untuk membawa kembali anak tersebut untuk menjalani tes lanjutan maka ada kemungkinan faktor medis yang melatarbelakanginya.

Faktor resiko

Sama seperti penderita jerawat lainnya yang beresiko terhadap kerusakan jaringan kulit, maka kita harus mengajarkan mereka untuk tidak menekan dan berusaha mengeluarkan jerawat dari tempatnya.

Jelaskan pada mereka bahwa hal tersebut bisa berakibat buruk dan dapat menyebabkan luka permanen pada wajah, selain memberikan mereka pengertian kita juga harus aktif dalam menjaga apa yang mereka lakukan dan hal apa saja yang dikonsumsi saat sedang berada di luar rumah.

Untuk gangguan yang berkelanjutan maka tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda pergi ke dokter, jangan biarkan gangguan kecil berakibat buruk pada diri mereka.

tags: