Mengenal tentang diet zone

diet zoneMetode ini dikembangkan pertama kali oleh Dr. Barry Sears di tahun 1970, Barry Sears adalah seorang peneliti kenamaan di universitas Massachusetts Institute.

Teknik diet ini baru populer di awal tahun 1995 ketika karya Barry sears yang berjudul Enter The Zone menjadi best seller, Demi Moore dan Jennifer Aniston adalah sebagian selebriti terkenal yang pernah merasakan keampuhan metode ini.

Lalu apa saja yang perlu diketahui mengenai diet zone? Metode teknik ini sebenarnya sangat simpel, untuk menjelaskannya lebih dalam silahkan baca keterangan di bawah ini.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang diet zone mulai dari prinsip dasar, keefektifannya dalam menurunkan berat badan dan berbagai pandangan serta pendapat para ahli.

Jenis makanan

Prinsip dasar yang tertanam dalam teknik ini adalah bagaimana caranya menyeimbangkan hormon tubuh melalui gizi dan nutrisi yang didapat dari jenis makanan.

Dalam diet zone ada peraturan tetap mengenai ukuran yang dianggap tepat, teknik ini dianggap sebagai salah satu pendukung rendah karbohidrat karena batasan yang diperbolehkan dalam zone hanya sekitar 60% dari jumlah total kalori harian.

Makanan berkarbohidrat yang dianjurkan adalah makanan dengan index glikemik rendah serta karbohidrat komplek seperti oatmeal dan beras merah, sedangkan untuk protein didapat dari sumber berkualitas tinggi seperti telur dan daging. Lemak yang diperbolehkan di sini adalah lemak tak jenuh yang bisa didapat dari minyak zaitun dan minyak ikan.

Intensitas makan

Yang unik dari metode ini adalah kita dianjurkan makan setiap empat jam sekali pada siang hari, tujuan dari aturan ini adalah untuk menjaga kestablian hormon di singa hari, selain itu hal ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Teori ini mematahkan anggapan salah yang selama ini diyakini banyak orang yakni jika ingin berat badan turun maka hal pertama yang dilakukan adalah mengurangi intensitas makan.

Anggapan tersebut terbukti salah dan justru hanya akan menyiksa tubuh, tubuh lambat laun akan kekurangan nutiris dan metabolisme tubuh akan menurun sehingga proses pembakaran lemak akan sangat lambat dan rentan terhadap berbagai serangan penyakit.

Pembagian porsi

Pembagian ini lebih mirip dengan diet plate, makanan dipecah menjadi beberapa bagian yang setiap bagian memilikijenis makanan masing-masing. Bagian pertama berisi protein sebanyak 7 gram, bagian kedua berisi karbohidrat sebanyak 9 gram dan bagian terakhir berisi lemak.

Tujuan pemecahan ini adalah untuk memudahkan kita dalam mengukur rasio protein, lemak dan karbohidrat setiap harinya.

Tanggapan ahli

American Heart Association memperingatkan efek samping diet tinggi protein, selain itu metode ini dianggap sangat rumit dan tidak mudah diikuti oleh kebanyakan orang.

Terlepas dari kiritk tersebut, metode ini termasuk salah satu teknik penurunan berat badan yang paling banyak dijalankan oleh selebriti Hollywood dalam rangka menjaga berat badan ideal mereka.

tags: