Mengenal metode diet south beach

metode diet south beachMetode ini pertama kali diperkenalkan dan dipopulerkan oleh Dr. Arthur Agatston, seorang dokter agli gizi kenamaan. Aturan utama dalam program ini adalah menghindari atau membatasi konsumsi karbohidrat minim gizi dan mengkonsumsi semua jenis protein rendah lemak dan makanan tinggi serat.

Tujuannya tentu saja untuk mengendalikan dan menurunkan berat badan serta menjaga kebugaran tubuh. Metode ini didukung oleh banyak lembaga kesehatan dan diakui sebagai salah satu metode yang cukup efektif dalam menurunkan berat badan seseorang.

Seperti pada metode lainnya, south beach memiliki pronsip dasar dan berbagai aturan yang harus dipatuhi oleh para pengikutnya. Untuk membahas hal ini lebih dalam lagi, silahkan simak beberapa hal penting di bawah ini.

Berikut ini merupakan informasi lengkap metode diet south beach seperti dikutip dari sebuah buku berjudul South Beach diet terbitan tahun 2003.

Prinsip dasar

Metode Dr. Agatston ini membatasi penggunanya dalam mengkonsumsi semua jenis makanan berkarbohidrat terutama yang berasal dari makanan olahan, beras, tepung putih dan gula.

Memiliki 3 fase atau tahapan yang harus dijalankan satu demi satu, pada fase pertama pelaku harus meninggalkan semua makanan yang mengandung karbohidrat.

Sedangkan dalam fase kedua pelaku diharuskan tetap mengkonsumsi makanan yang ditetapkan dalam fase pertama sambil memberikan sedikit karbohidrat ke dalamnya.

Untuk tahap ke tiga pelaku diwajibkan menjaga pola makan dengan mengikuti aturan yang telah diberlakukan seperti mengkonsumsi makanan berprotein tinggi rendah lemak, mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dan bergula rendah.

Fase terakhir ini dilakukan untuk menstabilkan berat badan yang telah diperoleh saat menjalankan tahap kedua.

Manfaat

Seperti dilansir dari berbagai sumber yang pernah menjalankan program ini, berat badan akan mulai berkurang saat kita masuk pada fase pertama, pada tahap kedua penurunan berat badan bisa sangat maksimal.

Selain berat badan, kolesterol dapat diturunkan dan ditekan sedemikian rupa sehingga organ jantung akan lebih sehat.

Resiko

Apapun metodenya pasti memiliki berbagai kelemahan yang tidak terbantahkan, meski demikian ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir efek sampingnya.

Tentang apa saja resiko dan bagaimana kita menyikapinya, kami akan terbitkan pada keesokan harinya. Silahkan tunggu update blog ini selanjutnya.

Olahraga yang dianjurkan

Olahraga yang dianjurkan dalam south beach meliputi semua jenis latihan kardiovaskular, olahraga dilakukan minimal 20 menit perhari dan terus dijalankan selama tahap pertama dan kedua berlangsung.

Selain itu gerakan peregangan dan latihan kekuatan juga tetap harus dilakukan agar kebugaran dan kekuatan tubuh dapat tetap terjaga sehingga dapat lebih mudah mengatasi obesitas.

Metode ini memang tidak serumit metode lain namun tetap memiliki kecepatan dalam mengatasi kegemukan, untuk mempelajari lebih dalam tentang metode south beach silahkan buka artikel kami lainnya.

tags: