Mengenal metode diet dukan

diet dukanMetode ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. Pierre Dukan, seorang ahli gizi kenamaan asal Prancis. Dukan sendiri telah banyak menulis buku yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan.

Tercatat ada sekitar 19 buah buku yang sudah ditulis dan diterbitkannya, dan salah satu buku yang paling populer berjudul ‘I Don’t Know How To Lose Weight’.

Dalam buku tersebut ia mengenalkan tentang metode diet dukan yang memiliki empat tahap atau fase, banyak kalangan yang memberikan kesaksian bahwa metodenya ini benar-benar bekerja, namun tidak sedikit yang mengkritik metode tersebut karena rentan terhadap masalah kekurangan gizi.

Untuk mengenal dasar-dasar dalam metode ini, silahkan baca selengkapnya beberapa informasi penting di bawah ini.

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap tentang metode diet dukan seperti dikutip dari sumber resmi yang memahami secara mendalam tentang metode ini.

Fase pertama

Seperti dinyatakan pada awal tulisan ini bahwa metode ini memiliki empat fase atau tahapan yang harus dijalankan oleh para pelakunya, tahapan dimulai dari fase pertama.

Dalam fase ini kita hanya boleh mengkonsumsi protein dari daging tanpa lemak, produk susu bebas lemak, makanan laut serta telur. Tahap ini berlangsung sekitar 3 sampai 10 hari tergantung dari berapa banyak berat badan yang akan diturunkan.

Fase kedua

Tahap ini sering juga disebut dengan Cruise dimana pelaku harus tetap mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dan secara perlahan mulai menambahkan beberapa jenis sayuran ke dalam menu.

Sayuran yang diperbolehkan hanyalah sayuran yang ada dalam daftar yang telah ditetapkan, jumlah keseluruhannya sekitar 28 jenis yang akan kita bahas di kesempatan mendatang.

Tahap ini berlangsung sampai target atau tujuan kita berhasil didapat, ini tentu sangat bergantung pada usaha masing-masing individu dan seberapa berat obesitas yang diderita.

Fase ketiga

Tahapan yang juga dinamakan dengan tahap konsolidasi merupakan fase dimana seseorang mempersiapkan kebiasaan makan secara normal seperti sediakala.

Dimulai saat tahap kedua berhasil dilewati dan berlangsung selama dua minggu atau lebih tergantung dari kesiapan pelakunya. Dalam tahap ini, kita diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan tanpa protein sebanyak satu kali dalam seminggu.

Atau lebih jelasnya, kita diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan apa saja selama satu hari dalam seminggu, meski demikian kita tetap dianjurkan untuk mengkonsumi biji-bijian rendah gula.

Fase keempat

Tahap ini merupakan tahap terkahir dan dinamakan dengan stabilisasi, dimulai saat tahap ketiga berakhir dan berlangsung selamanya.

Dalam tahap ini, kita diperkenankan untuk memakan makanan apa saja yang kita inginkan dan cenderung berkebalikan dengan tahap ketiga. Jika pada tahap ketiga kita hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi apa saja dalam satu hari tiap minggunya.

Maka dalam tahap stabilisasi kita diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan berprotein satu kali dalam seminggu.

Kritikan sebagian ahli gizi

Metode ini memang diketahui dapat menurunkan berat badan pada para pelakunya, namun sangat rentan dengan permasalahan yang mungkin timbul akibat kekurangan gizi.

Untuk efek samping dari diet ini akan kita bahas di kesempatan mendatang.

tags: