Mengenal metode diet dash

metode diet dashMetode yang akan kita bahas kali ini adalah ‘Dash’, kata dash sendiri merupakan kependekan dari Dietary Approach to Stop Hypertension. Dari katanya saja kita bisa tahu bahwa metode ini pada asalnya dirancang khusus untuk para penderita tekanan darah tinggi.

Yaitu suatu program yang dibentuk sedemikian rupa dengan tujuan untuk mengatasi masalah tekanan darah yang melewati ambang batas normal. Dengan memberikan aturan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi dan mana yang tidak, metode ini terbukti ampuh dalam meringankan gejala hipertensi.

Namun seiring berjalannya waktu, dash bukan saja dijalankan oleh pasien hipertensi, namun juga digunakan oleh orang lain dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, menurunkan resistensi insulin dan kolesterol.

Bahkan dash terbukti ampuh dalam menanggulangi berbagai penyakit berat lainnya seperti stroke, jantung, diabetes, pengeroposan tulang dan beberapa jenis kanker.

Berikut ini kami jelaskan secara mendalam tentang metode diet dash yang bukan saja dapat menurunkan berat badan namun juga dapat meringankan berbagai penyakit berat lainnya.

Latar belakang

Dua penelitian yang pernah dilakukan dan telah diterbitkan dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa para peserta yang menjalankan dash mengalami penurunan tekanan darah mulai dari 8 sampai 14mm/Hg.

Karena sejatinya metode ini dirancang untuk orang yang bermasalah dengan tekanan darah, maka hampir semua penelitian dilakukan pada para pasien tersebut.

Meskipun memang ada sejumlah penelitian yang pernah dilakukan secara khusus untuk memantau efektifitas metode ini dalam menurunkan berat badan seseorang.

Jenis-jenis makanan

Makanan yang diperbolehkan adalah semua jenis makanan kaya nutrisi dan terfokus pada serat, protein dan beberapa mineral penting seperti kalsium, kalium dan magnesium.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung garam atau sodium, lemak jenuh dan kolesterol metode ini membatasinya secara ketat dan harus dikurangi oleh para pesertanya.

Secara garis besar asupan gizi yang diterima oleh para peserta adalah 4% lemak jenuh, 18% protein, 50% karbohidrat dan 30g serat.

Porsi garam

Seperti dijelaskan di atas bahwa makanan bergaram sangat dibatasi, untuk jumlah yang diperkenankan tergolong sangat sedikit. Batas maksimal yang diperbolehkan adalah 2.400 mg.

Perlu diketahui bahwa dalam satu sendok makan garam sudah mengandung 2.000 mg, jadi jika kita termasuk orang yang sedang bermasalah dengan tekanan darah maka sebaiknya kurangi sebisa mungkin.

Batas maksimal yang ditetapkan di atas bukan berarti boleh untuk kita konsumsi, namun itu adalah ambang darurat dan sebaiknya tidak dikonsumsi sebanyak itu.

Oleh sebab itulah metode ini lebih menitikberatkan pada buah-buahan dan sayuran yang keduanya memiliki kadar sodium yang sangat rendah namun kaya dengan serat, vitamin dan protein.

Penjelasan di atas merupakan informasi dasar dan pengenalan diet dash, sedangkan untuk tips dan cara mengatasi kegemukan silahkan baca pada artikel selanjutnya.

tags: