Mengatasi rasa gatal akibat jerawat

gatal akibat jerawatDalam beberapa kasus tertentu jerawat kadang menimbulkan gatal dan sakit, namun jika kita menyentuhnya maka bakteri dan kuman yang bersarang akan menyebar melalui perantaraan tangan kita saat menggaruknya.

Oleh sebab itu diperlukan tindakan yang tepat untuk mengatasi maslaah tersebut agar jerawat tidak menyebar dan merusak bagian wajah lainnya.

Ada beberapa solusi yang bisa kita ambil, semuanya masih menggunakan bahan dasar alami sehingga aman untuk dijalankan oleh siapa saja.

Berikut adalah 4 cara mudah dalam mengatasi rasa gatal akibat jerawat, semua tips dirangkum dari beberapa sumber penting.

1. Gunakan oatmeal dan yogurt

Yogurt memiliki sifat probiotik yang berguna untuk menyingkirkan semua bakteri dan kuman. Gatal dan sakit yang sering kita alami pada jerawat disebabkan karena adanya infeksi kuman serta bakteri.

Oleh sebab itu para ahli menyarankan untuk menggunakan yogurt sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Terkait dengan probiotik dalam yogurt, hasil penelitian yang dilakukan tahun 2010 dan diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science mendukung teori tersebut.

Adapun oatmeal berguna untuk megnangkat sel kulit mati dan memiliki sifat yang dapat mengeringkan.

Untuk penggunaan kedua bahan tersebut, kita hanya perlu mencampurkan yogurt dan oatmeal ke dalam wadah berukuran sedang, aduk sampai rata dan terapkan ke wajah.

Diamkan selama 20 menit lalu kemudian bilas dengan air bersih, keringkan dengan kain lembut.

2. Daging lidah buaya

Tanaman ini lebih dikenal masyarakat sebagai penyubur rambut, namun tahukah kita bahwa lidah buaya memiliki khasiat sebagai penyembuh luka?

Hasil penelitian menemukan adanya kandungan imunomodulator dalam lidah buaya, senyawa ini berperan penting dalam proses penyembuhan dan meringankan peradangan yang terjadi pada kulit.

Selain manfaat di atas, sifat antibakteri yang ada dalam daging lidah buaya berperan aktif dalam memberantas semua jenis bakteri dan kuman.

Oleskan daging lidah buaya ke semua bagian jerawat yang mengalami peradangan dan diamkan selama beberapa menit, setelah rasa gatal atau sakit dapat dihilangkan, kita bisa mencucinya dengan air bersih.

3. Minyak pohon teh

Dilihat dari kandungan dan manfaatnya, minyak pohon teh menyerupai lidah buaya. Bedanya adalah kita akan sedikit kesulitan menemukan bahan ini karena banyak orang yang menjualnya secara bebas.

Namun jika anda termasuk orang yang dekat dengan kebun teh, maka tidak ada salahnya mencoba keampuhan bahan alam ini untuk mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

4. Kayu manis

Kayu manis mengandung senyawa yang dapat menekan sekaligus menghambat oksida nitrat, oksida nitrat sendiri merupakan pemicu munculnya rasa sakit atau gatal pada jerawat.

Untuk penggunaan kita bisa melembutkan kayu manis dan menerapkan langsung pada bagian wajah yang bermasalah. Namun akan lebih bagus lagi hasilnya jika kayu manis dikombinasikan dengan madu.

tags: