Mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun

Mengatasi rambut kering dengan minyak zaitunRambut tidak hanya berperan sebagai penunjang penampilan, namun juga memiliki peranan penting untuk melindungi kulit kepala dari bahaya sinar matahari dan lingkungan sekitar.

Oleh karenanya bagian tubuh ini memiliki resiko yang sama dengan kulit, yakni rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh suhu tinggi, debu, kotoran dan polusi di sekitar kita.

Bila tidak dirawat dengan baik maka cepat atau lambat rambut akan mengalami berbagai masalah dan kerusakan. Salah satu gejala awal kerusakan adalah rambut kering.

Tanda yang paling mudah dikenali dari rambut kering adalah susah diatur, kusut, kusam dan kehilangkan cahaya alaminya. Selain itu retakan di ujung rambut serta penipisan juga akan kita hadapi.

Inilah salah satu alasan kenapa perawatan pada rambut tidak bisa ditawar-tawar lagi, kecuali jika kita memang tidak memperdulikan keberadaannya. Banyak metode dan langkah bisa kita lakukan untuk merawatnya, salah satunya adalah dengan menggunakan minyak zaitun.

Minyak ini termasuk ke dalam salah satu minyak esensial yang diakui oleh para ahli dapat mencegah kerusakan baik pada kulit maupun rambut. Memiliki sifat yang dapat melembabkan sehingga baik digunakan untuk mengatasi rambut kering.

Sifat antioksidan dalam minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah kerusakan dan radikal bebas yang diakibatkan oleh berbagai hal seperti polusi, pencemaran lingkungan, debu, kotoran dan sinar ultraviolet tentunya.

Antibakteri dalam minyak ini juga berfungsi untuk membasmi semua bakteri dan kuman sehingga menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas dari segala jenis jamur yang dapat menginfeksi kulit kepala.

Lalu bagaimana cara kita menggunakan minyak ini? Sangat mudah, cukup ikuti beberapa tips di bawah ini.

Berikut adalah cara mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun seperti dikutip dari beberapa sumber.

Sebelum mulai menggunakan minyak zaitun, terlebih dahhulu kita harus selektif dalam memilih minyak yang akan kita gunakan. Hindari membeli produk murah karena kualitas biasanya berbanding lurus dengan harga.

Setelah benar-benar yakin dengan minyak zaitun yang kita miliki, tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan lalu lakukan pemijatan pada kulit kepala secara merata.

Jika proses pemijatan selesai, tutupi seluruh bagian kepala dengan handuk kering dan diamkan selama satu jam penuh agar nutrisi dan vitamin dalam minyak tersebut benar-benar diserap oleh kulit kepala.

Setelah itu buka penutup kepala dan bilas dengan sampo herbal, kita juga bisa menggunakan sampo untuk bayi. Penggunaan sampo jenis tersebut dikarenakan sifatnya yang ringan sehingga tidak mengikis kelembaban alami rambut.

Lakukan tips tersebut satu kali sehari sampai masalah atau gangguan tersebut teratasi. Langkah ini pun bisa kita jalankan sebagai upaya pencegahan.

Selain cara di atas, kita juga bisa menggunakan cara alternatif lainnya. Namun kali ini kita membutuhkan beberapa tetes madu, pisang matang secukupnya, bubuk kayu manis dan beberapa tetes minyak zaitun.

Masukkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu aduk sampai benar-benar rata, hasilnya kita oleskan pada rambut dan kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Bilas sampai bersih dengan sampo bayi atau sampo herbal.

tags: