Mengatasi kulit berminyak dengan masker pisang

mengatasi kulit berminyakMinyak berlebih yang sering ditemukan pada wajah memang sangat mengganggu dan memperburuk penampilan kita di hadapan orang lain. Gangguan ini kerap muncul karena disebabkan oleh banyak faktor.

Kulit berminyak juga sangat rentan terhadap masalah penuaan dini dan jerawat, hal ini pernah kita ulas bersama pada artikel sebelumnya [Baca: Fakta menarik seputar jerawat].

Banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mengatasi masalah minyak berlebih tersebut, namun penggunaan kertas penyerap minyak masih menjadi pilihan utama para konsumen.

Sebenarnya ada cara tradisional untuk mengatasi gangguan tersebut, masker wajah salah satunya. Cara ini sangat aman dan terbukti mampu mengurangi kadar minyak pada wajah.

Berikut ini merupakan cara mengatasi kulit berminyak dengan resep masker pisang seperti yang kami rangkum dari beberapa sumber.

Bahan

  1. Pisang yang telah masak satu buah
  2. Oatmeal secukupnya
  3. Cairan jeruk lemon secukupnya
  4. Madu secukupnya

Penggunaan bahan-bahan di atas bukan tidak ada maksudnya, ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa pisang, oatmeal, jeruk lemon dan madu digunakan.

Pisang memiliki kandungan vitamin C tinggi, vitamin ini berguna untuk mempercepat proses sirkulasi yang terjadi pada kulit dan produksi kolagen.

Oleh karena itu pisang juga sering digunakan sebagai cara alami untuk mengatasi tanda penuaan seperti keriput, flek hitam dan lain sebagainya. Inilah alasan utama dibalik penggunaan pisang dalam beberapa resep masker wajah.

Oatmeal dikenal mampu membersihkan kulit dari berbagai noda, selain noda oatmeal juga terbukti memiliki sifat abrasi seperti gula, oleh sebab itu keduanya mampu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori kulit.

Sama halnya dengan pisang, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, fosfor, vitamin B dan lain sebagainya. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh termasuk kulit. Dengan antioksidan yang terdapat di dalamnya diharapkan mampu menangkal bahaya radikal bebas.

Sedangkan alasan penggunaan madu di sini lebih karena madu dapat melindungi kulit sekaligus melebutkannya. Kandungan nutrisi penting yang terdapat pada madu bukan merupakan rahasia lagi, bahkan sudah dikenal dan digunakan sejak zaman dulu.

Setelah kita mengetahui semua alasan dibalik penggunaan bahan-bahan tersebut, kini kita masuk pada langkah dan tahapan pembuatannya. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Langkah pembuatan

Haluskan atau tumbuk buah pisang sampai benar-benar halus, setelah benar-benar halus kita campurkan oatmeal, tetesan jeruk lemon dan madu.

Aduk sampai rata dan berubah menjadi adonan, setelah adonan jadi kita bisa menerapkannya pada wajah lalu tunggu sampai 15 menit. Bilas sampai bersih dengan air dingin lalu keringkan.

Langkah tersebut hanya perlu kita lakukan setiap hari selama 7 hari atau sampai minyak berlebih benar-benar teratasi. Cara di atas sebenarnya pernah kita ulas beberpa hari yang lalu, tidak ada yang berbeda, hanya beberapa hal kecil saja yang membedakan resep ini dengan tips sebelumnya.

Untuk membaca kembali resep yang sebelumnya pernah dishare, silahkan buka kembali halaman berikut [Baca: Masker wajah untuk kulit berminyak].

tags: ,