Mencegah Tanda Penuaan: Apa yang Direkomendasikan Pakar Kulit?

Mencegah Tanda PenuaanUntuk mencegah atau menghilangkan tanda penuaan dini tentu harus dilakukan dengan benar, artinya metode yang kita lakukan harus sesuai dengan anjuran para pakar, bukan sekedar mengikuti cara-cara yang tidak memiliki asal-usul yang jelas.

Terkait tentang penuaan dini yang banyak menimpa kalangan remaja, para ahli telah merekomendasikan beberapa produk yang dianggap ampuh dalam mencegah sekaligus mengurangi kerutan, flek hitam dan tanda lainnya.

Berikut adalah cara mencegah tanda penuaan seperti direkomendasikan oleh pakar kulit.

1. Pelembab

Pelembab merupakan salah satu produk yang tidak boleh dilupakan, produk ini mengandung minyak yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Menurut beberapa dokter yang berada di American Academy of Dermatology, penggunaan pelembab secara teratur terbukti dapat mencegah sekaligus mengurangi tanda penuaan dini secara efektif.

Namun karena jenis kulit manusia berbeda-beda, maka gunakanlah pelembab yang memang dirancang untuk jenis kulit kita masing-masing. Untuk kulit berminyak misalnya, dianjurkan untuk memilih produk pelembab berbasis cair agar tidak memperparah keadaan.

2. Pembersih wajah

Bukan sembarang pembersih wajah, produk ini tidak boleh mengandung senaywa yang dapat mengeringkan kulit. Beberapa produk yang mengandung senyawa tersebut pada umumnya dirancang untuk membasmi bakteri dan kuman, sabun pewangi atau deodoran.

Mayo Clinic lebih merekomendasikan kita untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung giliserin, minyak zaitun ataupun minyak almond. Produk pembersih ini tidak membuat kulit kering, namun justru menjaga kadar kelembaban alami pada kulit.

Penggunaan produk pembersih wajah yang tepat diketahui sangat efektif dalam mencegah munculnya tanda penuaan dini pada wanita dan pria.

3. Krim malam

Hampir semua wanita menggunakan krim malam, namun sayangnya masih banyak yang salah memilih produk. Penggunaan krim malam yang awalnya ditujukan untuk meremajakan kulit justru berakibat sebaliknya.

Oleh sebab itu para peneliti diĀ American Academy of Dermatology merekomendasikan krim malam yang mengandung vitamin A, C, E dan antioksidan. Semua vitamin tersebut biasanya ada dalam paket retinol, tokoferil maupun dalam asam askorbat.

Mayo Clinic juga menambahkan bahwa produk krim malam yang mengandung asam salisilat, asam laktat, glikolat dan hydroxy juga baik untuk digunakan.

Produk yang mengandung asam tersebut diketahui dapat melindungi kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan jauh dari tanda penuaan.

4. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas sinar ultraviolet ataupun pencemaran lingkungan. Oleh karenanya seluruh pakar kulit sepakat bahwa tabir surya adalah salah satu produk yang wajib digunakan jika tidak ingin bermasalah dengan berbagai gangguan dan kerusakan pada kulit.

Krim tabir surya biasanya memiliki tingkat SPF berbeda-beda. Pilihlah produk tabir surya yang tepat dengan aktifitas kita masing-masing. Jika aktifitas kita sebagian besar dilakukan di bawah terik matahari maka dianjurkan untuk memilih produk dengan tingkat SPF lebih dari 15.

tags: