Memilih sampo untuk rambut berminyak

sampo untuk rambut berminyakMemilih sampo untuk jenis rambut berminyak bisa jadi sangat sulit dan rumit, karena jika kita hanya bersandar pada label yang tertera dalam kemasan produk tersebut bukan tidak mungkin akan meleset jauh dari apa yang kita harapkan.

Ada beberapa produk sampo yang didesain untuk jenis rambut seperti ini namun justru mengandung bahan-bahan yang tidak membawa manfaat, bahkan sering juga ditemukan kandungan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan parah.

Oleh sebab itu memperhatikan label dan kandungan pada suatu produk belumlah cukup, ada banyak faktor yang juga tidak boleh luput dari perhatian kita.

Berikut adalah cara memilih sampo untuk rambut berminyak seperti dikutip dari beberapa ahli perawatan rambut terkemuka.

1. Baca label

Meskipun apa yang tertulis mungkin tidak seratus persen benar, namun setidaknya kita bisa menjadikannya sebagai pijakan dasar dalam memilih suatu produk.

Penting untuk diperhatikan bahwa jika ada beberapa kandungan yang tidak dimengerti entah karena menggunakan bahasa ilmiah atau karena ketidaktahuan kita akan senyawa tersebut maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menanyakannya pada penjualnya.

Namun bila informasi ini tidak didapat maka kita bisa menggunakan google pencari untuk mencari tahu jawabannya, ada banyak jurnal dan media online yang mengupas tuntas tentang berbagai senyawa kimia.

Dengan melakukan hal ini kita dapat memahami betul tentang produk yang akan kita gunakan sehingga dapat meminimalisir efek samping yang mungkin terkandung dalam sampo tersebut.

Metode ini berlaku untuk semua jenis produk, artinya lakukan riset sebelum membeli apapun juga terutama untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan rambut dan kulit.

2. Perhatikan sampo itu sendiri

Selain dengan memperhatikan labelnya, kta juga harus melihat langsung isinya. Sampo yang diformulasikan untuk rambut berminyak biasanya tidak mengandung minyak.

Jika ditengarai kandungan minyak tersebut melebihi kapasitas maka ini adalah produk yang harus kita hindari. Sampo seperti itu hanya cocok digunakan untuk rambut kering.

Langkah ini mungkin sulit dilakukan karena butuh ketelitian khusus saat melakukannya, namun bila memang tidak bisa dilakukan maka langkah terakhir menjadi pertimbangan satu-satunya sebelum menentukan keputusan apakah akan menggunakan produk tersebut dalam jangka waktu lama ataukah akan menghentikannya.

3. Coba pada rambut

Jika langkah nomor dua tidak bisa dilakukan maka cara terakhir adalah dengan mencobanya, belilah sampo dalam kemasan kecil terlebih dahulu supaya jika nanti ternyata sampo tersebut tidak cocok maka kita tidak kehilangan banyak uang.

Setelah kita menemukan produk yang tepat barulah membeli produk dalam ukuran besar. Produk yang tepat biasanya akan mengurangi masalah atau gangguan yang sedang kita hadapi.

Itu adalah cara termudah dalam mendiagnosa apakah produk tersebut cocok dan aman digunakan ataukah justru sebaliknya.

tags: ,