Masker kunyit untuk mengatasi kulit kusam

masker kunyitKunyit mengandung banyak zat dan senyawa yang bukan saja baik untuk kulit namun juga untuk kesehatan tubuh manusia. Berbagai penelitian yang dilakukan para ilmuan berhasil menemukan sejumlah khasiat yang terdapat dalam rempah-rempah unik ini.

Hadir dengan berbagai macam warna seperti kuning, putih bahkan hitam, kunyit tetap menjadi tanaman obat yang sudah digunakan sejak zaman dulu.

Bagi yang tinggal di pedesaan tentu masih sering melihat dan menemukan para penjual jamu yang masih menggunakan kunyit sebagai bahan dasar dalam pembuatan produknya.

Ini bukan tanpa alasan, meskipun tidak semua mengerti kandungan apa saja yang ada didalamnya namun mereka mengerti betul bahwa tanaman ini ampuh dalam mengatasi beberapa penyakit tertentu.

Selain dapat dijadikan penyembuh, tanaman ini pun dikenal mampu mengatasi berbagai macam gangguan kulit. Oleh sebab itu jangan heran jika orang tua dulu masih menggunakan kunyit sebagai masker.

Masker tersebut digunakan untuk berbagai kepentingan dan tujuan seperti mengobati jerawat, menghilangkan flek hitam, menyamarkan garis halus sekaligus menyingkirkannya atau sekedar digunakan untuk mengembalikan kecerahan kulit penggunanya.

Khasiat terakhir inilah yang akan kita bahas bersama, kita akan mengupas tuntas tentang cara atau metode untuk mengatasi masalah kulit kusam dengan memanfaatkan kunyit.

Berikut adalah resep masker kunyit untuk mengatasi kulit kusam seperti dilansir dari para ahli kecantikan ternama.

Bahan-bahan

Sebelum masuk pada langkah pembuatan, terlebih dahulu kita harus menyiapkan beberapa komponen dasar berikut ini:

  • Kunyit yang telah dihaluskan sebanyak setengah sendok makan
  • Yogurt sebanyak setengah gelas kecil atau cangkir
  • Oatmeal sebanyak setengah sendok teh

Jika semuanya telah kita siapkan, ikuti langkah dan tahapan pembuatan masker kunyit berikut ini.

Cara pembuatan

Masukkan satu demi satu bahan dasar tersebut ke dalam wadah berukuran sedang lalu aduk sampai menjadi adonan, terapkan ke wajah dan tunggu sampai 15 menit.

Setelah masker mengering, angkat nodanya dengan kain lembut yang telah dibasahi air hangat. Cuci hingga bersih dan keringkan dengan handuk kering.

Usahakan untuk menjalankan tips di atas minimal dua kali sehari setiap pagi dan malam, lakukan selama 7 hari berturut-turut agar hasilnya bisa cepat kita rasakan.

Penting untuk diketahui bahwa semua jenis kunyit dapat dijadikan sebagai bahan, namun jika kita mudah menemukan kunyit berwarna putih maka lebih dianjurkan untuk menggunakan jenis tersebut.

Jangan takut dengan warna kunyit yang susah dihilangkan karena yogurt yang kita gunakan bukan saja berfungsi untuk menutrisi kulit, namun juga untuk memudahkan kita dalam menghapus noda yang ditinggalkan oleh kunyit.

Selain tips di atas, kita juga bisa menggunakan alternatif lain untuk mengembalikan tingkat kecerahan kulit, semuanya pernah dijelaskan di halaman berikut [Baca: Cara mengatasi kulit kusam].

tags: ,