7 Masalah Rambut Pria Wanita dan Solusi Alaminya

masalah rambut dan solusi alaminya Dokter Era – Sedikitnya ada tiga masalah pada rambut yang sering dialami pria dan wanita, mulai dari yang ringan hingga berat. Namun secara garis besar, bila masalah tersebut tidak segera mendapat perawatan yang tepat maka bukan hal mustahil rambut akan mengalami kerontokan parah dan berujung pada kebotakan permanen.

Tentunya anda para kaum pria dan wanita tidak menginginkan hal tersebut bukan? Nah oleh sebab itu, kami merangkum 7 masalah rambut dan cara alami untuk menanggulangi persoalan tersebut.

Berikut adalah 7 Masalah Rambut Pria Wanita dan Solusi Alaminya seperti yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Rambut bergelombang

Rambut bergelombang atau ikal pada umumnya disebabkan oleh berkurangnya kadar kelembaban pada kulit kepala dan helaian rambut itu sendiri.

Cara termudah untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini adalah dengan menggunakan pelurus rambut alami yang terbuat dari madu dan bahan alami lainnya.

Bahan yang dimaksud untuk membuat pelurus rambut alami meliputi:

  1. Empat sendok makan madu
  2. Empat sendok makan cairan jeruk lemon
  3. Air sebanyak setengah gelas kecil atau cangkir
  4. Dua buah pisang masak
  5. Seperempat minyak zaitun

Campurkan semua bahan di atas ke dalam sebuah wadah lalu aduk sampai rata. Setelah itu oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut.

Tutupi kepala dengan topi atau handuk selama 1 jam lalu bilas sampai bersih.

Butuh alterntif lain untuk meluruskan rambut? Silahkan temukan beberapa tips lainnya di halaman ini >>> Kumpulan tips dan cara meluruskan rambut secara alami.

2. Penipisan rambut

Penipisan rambut biasa terjadi pada wanita ketika menginjak masa remaja, banyak hal yang memicu terjadinya hal ini. Untuk mengetahui apa saja penyebab terjadinya penipisan rambut, silahkan lihat di halaman berikut >>> Penyebab dan pendapat para ahli tentang penipisan rambut pada remaja.

Lalu cara alami apa yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah rambut tersebut? Audrey DavisSivasothy, seorang penulis buku berjudul ‘Hair Care Rehab: The Ultimate Hair Repair and Reconditioning Manual’ merekomendasikan masker pisang sebagai langkah penanggulangannya.

Adapun bahan yang digunakan meliputi:

  1. Dua buah pisang matang
  2. Satu buah kuning telur
  3. Dua sendok makan madu
  4. Dua sendok makan minyak zaitun
  5. Kondisioner secukupnya

Campur semua bahan tadi dan aduk beberapa menit sampai rata, oleskan pada rambut dan tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air.

Langkah ini bukan hanya dapat menghentikan penipisan pada rambut, tapi juga berguna untuk menambah volume rambut sehingga rambut akan terlihat lebih tebal.

Cara lain yang bisa dicoba untuk melembutkan serta menebalkan rambut bisa anda baca di sini >>> Cara mudah menebalkan rambut dan melembutkannya.

3. Rambut kusam

Suhu udara yang terlalu panas membuat rambut terlihat kering dan kusam, masalah ini terdengar sepele namun bila tidak segera diatasi tentu dapat mengganggu penampilan anda. Cara paling mudah untuk megnatasi masalah rambut kusam adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cukup gunakan beberapa sendok cuka sari apel untuk membilas rambut lalu diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih. Tidak menemukan masalah yang sering dialami oleh rambut anda? Silahkan temukan di halaman ini >>> Empat masalah rambut dan cara mengatasinya.

4. Ketombe

Rasanya semua orang pernah mengalami masalah ini, ketombe memang masalah yang tidak terlalu berbahaya namun jelas sangat mengganggu karena biasanya disertai rasa gatal dan serpihan putih.

Masalah ini bisa diatasi dengan bahan alami yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah jahe. DavisSivasothy, seorang pakar dermatologis mengungkapkan bahwa jahe memiliki sifat anti inflamasi yang berkhasiat menenangkan kulit kepala dan meredakan masalah ketombe. Adapun cara penggunaannya terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Parut satu siung jahe lalu tambahkan dengan minyak zaitun dan satu sendok makan cairan jeruk lemon atau jeruk nipis.

Tambahkan air secukupnya lalu rebus sampai mendidih, angkat lalu biarkan sampai hangat-hangat kuku. Siramkan air rebusan tadi ke kulit kepala dan lakukan pemijatan dan bilas hingga bersih. Terlalu sulit? Baca di halaman berikut untuk membaca tips mudah mengatasi ketombe >>> Solusi alami untuk megnatasi ketombe.

5. Kaku dan susah diatur

Rambut yang sulit diatur biasanya disebabkan karena masalah rambut kering yang tidak segera diatasi. Jika anda terlanjur bermasalah dengan gangguan ini, gunakan minyak jarak. Minyak jarak mengandung omega 9 yang berguna untuk melembutkan rambut sekaligus melindungi kulit kepala. Gunakan sedikit saja lalu oleskan pada bagian yang sulit diatur.

6. Gatal-gatal

Gatal pada kulit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi jamur, bakteri, kelembaban yang buruk dan lain sebagainya. Masih menurut Davis Sivasothy, minyak pohon teh telah terbukti secara klinis dapat menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Adapun cara penggunaannya, anda cukup mengoleskan minyak pohon teh ke kulit kepala dan biarkan sampai kering.

Selain dengan menggunakan minyak pohon teh, anda juga bisa menggunakan minyak ikan ataupun vitamin E. Cara penggunaannya tidak berbeda yakni cukup oleskan pada kulit kepala.

Namun jika gatal pada kulit kepala diakibatkan oleh ketombe, silahkan lihat di halaman berikut tips dan langkah penanggulangannya >>> Cara mengatasi rasa gatal akibat ketombe.

7. Rambut kering

Paparan sinar matahari, tiupan angin kencang dan penggunaan sampo yang berlebihan menjadi beberapa penyebab umum munculnya masalah rambut kering.

Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan gel lidah buaya ataupun madu. Oleskan daging lidah buaya ataupun madu ke kulit kepala dan tunggu selama 10 menit.

Bilas sampai bersih dengan air dingin, lakukan langkah ini setiap hari sampai masalah tersebut teratasi.

tags: ,