Manfaat vitamin C bagi kulit

Manfaat vitamin CVitamin C adalah salah satu vitamin paling populer dibanding jenis vitamin lainnya, hampir semua orang mengetahui vitamin ini sekaligus sumbernya. Vitamin ini dikenal pula dengan asam askorbat yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Hampir seluruh organ tubuh membutuhkan vitamin ini untuk menjaga fungsinya, termasuk diantaranya adalah kulit. Karena tidak diproduksi sendiri oleh tubuh maka kita harus mengkonsumsinya secara rutin.

Vitamin penting ini banyak terdapat dalam buah atau sayuran seperti brokoli, jeruk, lemon, paprika, pisang dan masih banyak lagi lainnya. Lalu apa saja manfaatnya bagi kulit?

Berikut adalah beberapa manfaat vitamin C bagi kulit seperti dikutip dari berbagai sumber dan jurnal kecantikan.

1. Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas akibat sinar matahari, radikal bebas terbentuk oleh elektron dan atom yang tidak saling berpasangan. Bila radikal bebas ini mengenai DNA maka dapat memicu kematian sel atau kerusakan pada jaringan.

Kerusakan sel atau jaringan tersebut merupakan awal dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker kulit contohnya. Vitamin C hadir dengan segala kebaikannya dan berguna untuk mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan tersebut.

2. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen merupakan salah satu bentuk protein yang berperan penting terhadap pembentukan tulang, ligamen, tendon dan tentu saja terhadap kesehatan kulit.

Bila tubuh memproduksi protein ini dalam jumlah tepat maka kulit akan halus dan lembut, begitu pula sebaliknya, bila kolagen tidak mencukupi maka kulit akan kendur dan muncul keriput di sana-sini.

3. Mempercepat penyembuhan

Luka yang terdapat di permukaan kulit terkadang sangat menjengkelkan, untuk mengatasinya bisa dengan berbagai krim atau cara tradisional. Biasanya teknik ini membutuhkan beberapa minggu atau bulan.

Ini adalah salah satu jenis vitamin yang dapat membantu tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Oleh sebab itu, bila kita memiliki luka yang sangat sulit disembuhkan maka ada kemungkinan kita kekurangan vitamin ini.

4. Meregenerasi kulit

Untuk mengganti jaringan kulit yang telah rusak maka tubuh akan meregenerasi jaringan baru, agar fungsi ini tetap bekerja dan berjalan dengan baik maka tubuh membutuhkan vitamin sesuai jumlah yang dibutuhkannya.

Jika proses regenerasi ini tidak mengalami gangguan maka seluruh jaringan kulit yang telah rusak dapat diganti dengan yang baru, kulit akan bebas keriput dan tetap segar.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah adalah hal yang tidak bisa diabaikan, jika aliran darah terganggu maka bisa dipastikan kita akan bermasalah dengan kerusakan rambut, kulit dan organ penting lainnya.

Vitamin C adalah salah satu solusi untuk mencegah masalah ini, biasakan mengkonsumsi sayur maupun buah yang dikenal memiliki kandungan vitamin C.

tags: