Manfaat sauna untuk kecantikan

Manfaat saunaSauna adalah metode yang telah ribuan tahun dijalankan dan bertahan sampai sekarang, pada dasarnya metode ini merupakan cara lain agar tubuh dapat mengeluarkan keringat.

Apa manfaatnya bagi kita? Banyak sekali faedah yang kita peroleh karena dengan berkeringat maka itu artinya semua jenis racun dalam tubuh dapat dengan mudah dikeluarkan.

Menurut beberapa ahli, dengan berkeringat kita akan dapat detoksifikasi tubuh, mengatasi kegemukan, relaksasi, perbaikan jaringan kulit, memperbaiki peredaran darah dan masih banyak lainnya.

Untuk membahas lebih dalam tentang manfaat-manfaat sauna di atas, berikut kami sampaikan beberapa point penting di bawah ini.

Berikut ini aadlah beberapa manfaat sauna untuk kecantikan dan kesehatan seperti dikutip dari beberapa sumber terpercaya.

Menurunkan berat badan

Berada dalam sauna memiliki efek yang sama dengan melakukan olahraga selama beberapa menit, detak jantung akan meningkat sebanyak 50 sampai 75% dan ini juga terjadi ketika kita sedang melakukan olahraga tertentu.

Lemak dalam tubuh akan terbakar dan berat badan dapat dengan mudah dikendalikan, bahkan bukan itu saja, sauna juga terbukti dapat mengatasi masalah selulit. Karena pada dasarnya selulit merupakan lemak yang terperangkap di bawah jaringan permukaan kulit.

Suhu panas dalam sauna meresap dan menjalar ke dalam seluruh tubuh sehingga dapat membakar lemak secara maksimal dan membangkitkan metabolisme tubuh seseorang.

Melancarkan peredaran darah

Saat berada dalam sauna maka tubuh akan mudah mendapatkan energi yang dibutuhkannya, energi ini pada akhirnya digunakan untuk proses penyembuhan.

Seperti dinyatakan oleh Dr. John Maher bahwa saat seseorang melakukan aktifitas ini maka pembuluh darah dan kapiler akan mengalami pembesaran sehingga sisa racun yang berada dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui kelenjar keringat.

Pembuluh darah sering dikaitkan dengan kesehatan organ dalam dan organ kulit, keduanya memang tidak bisa dilepaskan dari sirkulasi darah yang lancar. Bahkan kerontokan pun bisa diakibatkan karena adanya masalah pada peredaran darah.

Relaksasi

Saat seseorang berada dalam sauna maka otot-otot akan menjadi lebih rileks, begitu pula dengan pikiran. Kita akan merasa lebih tenang dan terbebas dari stres dan tekanan kehidupan.

Dengan mengendalikan stres maka kesehatan tubuh akan meningkat karena metabolisme akan jauh meningkat. Telah kita ketahui bahwa stres dapat memicu berbagai gangguan kesehatan dan dapat mengundang berbagai penyakit berat.

Jantung, diabetes dan kerontokan adalah beberapa contoh gangguan yang akan kita hadapi saat masalah kejiwaan ini tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Maka dari itu tidak mengherankan bila akhir-akhir ini metode ini begitu banyak dijalankan oleh para pengusaha dan pejabat penting di negeri ini. Langkah ini hanya sebagian cara untuk meredakan beban pikiran yang selalu menderanya.

Saran dan pertimbangan

Tidak semua orang cocok dan dianjurkan melakukan metode ini, oleh sebab itu tanyakan terlebih dahulu pada dokter terdekat untuk mengetahui apakah kita termasuk orang yang diperkenankan melakukan sauna atau tidak.

tags: