Manfaat Santan Kelapa Bagi Kulit Dan Rambut

Dokter Era – Seperti yang sudah kami jelaskan pada tulisan sebelumnya yang berjudul Manfaat Santan Kelapa Bagi Kulit Dan Rambut, santan kaya akan nutrisi dan vitamin yang apabila digunakan secara tepat maka manfaatnya dapat kita rasakan.

Bagi sebagian orang yang memiliki alergi dengan produk susu hewani, dapat memilih santan sebagai alternatif utamanya, meskipun santan tidak mengandung nutirisi dan viatmin sebanyak apa yang ada dalam produk susu, namun santan merupakan produk terbaik yang bisa dijadikan sebagai jalan tengahnya.

Selain dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut, santan juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, apa sajakah manfaatnya? Berikut adalah Manfaat santan kelapa bagi kulit seperti dijelaskan oleh beberapa pakar.

1. Menghilangkan bekas make up

Makeup yang terlalu tebal terkadang sulit untuk dihilangkan, bila tidak dibersihkan secara benar maka dapat menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan gangguan lainnya. Jerawat, komedo dan munculnya tanda penuaan merupakan sebagaian kecil gangguan yang mungkin didapat jika sisa makeup tidak dibersihkan dengan benar.

Cara terbaik untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan bahan kimia yang mungkin terkandung dalam makeup adalah dengan menggunakan santan.

Campurkan santan dan sedikit baby oil atau minyak kelapa, lalu tuangkan ke kapas dan gunakan secara perlahan untuk mengangkat sisa makeup dari wajah.

2. Melembabkan kulit

Untuk mendapatkan kulit lembab, anda hanya perlu mengoleskan santan ke permukaan kulit dan diamkan selama 30 menit. Bila dilakukan setiap hari, maka dalam beberapa minggu kulit akan lebih lembab, kenyal dan kencang. Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menambahkan minyak lavende atau juga air rendaman mawar.

3. Mencegah dan menghilangkan tanda penuaan

Santan mengandung banyak vitamin C yang mampu mengembalikan dan menjaga kekencangan kulit. Tanda penuaan seperti keriput, kulit kendur dan garis halus di beberapa titik bisa dihilangkan dengan mudah dengan menggunakan produk alami ini. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup oleskan secara merata dan tunggu selama beberapa menit lalu bilas dengan air. Selain itu, dianjurkan untuk meminumnya secara rutin agar manfaatnya bisa lebih terasa.

4. Mengurangi warna kemerahan pada kulit

Paparan sinar matahari yang terlalu terik dapat membakar kulit, hal ini ditandai dengan berubahnya sebagian warna kulit menjadi kemerahan atau kehitaman. Gangguan tersebut bisa segera diatasi secara mudah dengan mengoleskan santan ke bagian kulit. Kulit akan terasa sejuk dan peradangan akibat paparan sinar matahari berangsur-angsur hilang.

5. Mengatasi gangguan kulit

Ada beberapa jenis gangguan dan penyakit kulit yang bisa diatasi dengan santan, beberapa diantanya adalah eksim, kulit kering, gatal-gatal akibat alergi dan lain sebagainya. Meskipun pada eksim, santan hanya mampu mengatasinya jika penyakit tersebut masih dalam tahap ringan.

Manfaat santan kelapa bagi kulit di atas kami rangkum dari banyak sumber, anda bisa langsung mencobanya dengan mengikuti semua petunjuk di atas.

manfaat santan bagi kulit

Lima Manfaat Santan Bagi Rambut

Santan adalah ekstrak dari buah kelapa yang pada umumnya digunakan sebagai tambahan dalam berbagai macam masakan, santan juga kerap kali digunakan sebagai pengganti produk susu pada beberapa jenis hidangan. Namun tahukah anda bahwa santan memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan rambut? Lalu apa saja manfaat santan bagi rambut jika digunakan dengan benar?

Berikut adalah lima manfaat santan bagi rambut seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Manfaat Santan Kelapa Untuk Rambut adalah Santan mengandung vitamin E dan lemak esensial yang diketahui dapat meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan rambut. Selain itu, rambut akan lebih kuat dan bersinar. Cukup tambahkan minyak zaitun ke dalam santan lalu gunakan untuk memijat kulit kepala selama 10 sampai 15 menit. Selain dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, cara ini juga berguna untuk mencegah kebotakan permanen.

2. Mengatasi rambut kusut

Kadar kelembaban rambut yang berada di bawah batas normal menjadikan rambut susah diatur dan kusut. Untuk mencegah dan sekaligus mengatasi masalah ini, cukup oleskan sedikit santan ke seluruh helaian rambut dan diamkan selama beberapa jam. Lakukan langkah ini seminggu sekali untuk hasil maksimal.

3. Mengatasi kerusakan rambut

Manfaat santan bagi rambut selanjutnya adalah dapat mencegah dan mengatasi kerusakan pada rambut. Kerusakan rambut umumnya terjadi karena faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, debu, penggunaan produk perawatan rambut yang salah dan lain sebagainya.

Kerusakan tersebut bisa diatasi dengan mudah hanya dengan menggunakan santan. Kandungan nutrisi dan vitamin yang seimbang dalam santan membuat rambut kembali lembab dan bersinar. Adapun intensitas penggunaan santan tergantung dari tingkat kerusakan yang dialami, semakin parah kerusakan tersebut maka anda bisa melakukan perawatan rambut dengan santan setiap hari. Sedangkan jika hanya untuk pencegahan, silahkan lakukan maksimal tiga kali seminggu.

4. Mengatasi kulit kepala kering dan bersisik

Banyak hal yang memicu terjadinya kulit kepala kering dan bersisik, bisa disebabkan oleh jamur dan bisa pula diakibatkan karena kelembaban kulit kepala yang tidak terjaga. Jika penyebabnya karena faktor terahir, maka gunakan santan untuk mengatasi masalah tersebut. Penggunaan santan secara teratur dapat mengembalikan kelembaban kulit kepala dan mengatasi masalah tersebut. Perlu diketahui bahwa kulit kepala yang kering dan bersisik merupakan awal dari gangguan ketombe. Bila tidak segera diatasi maka gangguan tersebut akan semakin parah.

5. Memberi kilau rambut

Untuk mendapatkan rambut berkilau, anda bisa mencampurkan santan dan madu secukupnya, oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 10 menit.

Bilas dengan sampo biasa dan ulangi langkah tersebut setiap minggu sekali. Penggunaan teratur dapat memberikan hasil maksimal.

Itulah Manfaat Santan Kelapa Bagi Kulit Dan Rambut yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Adapun cara penggunaannya semua sama, dioleskan ke rambut lalu bilas.

tags: