Manfaat pisang bagi kulit

Manfaat pisang bagi kulitBuah ini berasal dari Asia tenggara dan termasuk salah satu jenis buah yang kaya vitamin C dan berbagai nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dan vitamin tersebut menjadikan pisang sebagai salah satu buah yang banyak digunakan dalam dunia kecantikan.

Pisang juga dikenal memiliki beragam khasiat untuk kulit bila diterapkan langsung atau dengan cara dikonsumsi. Ingin tahu manfaat apa saja yang terkandung dalam buah pisang?

Berikut adalah beberapa manfaat pisang bagi kulit seperti dikutip dari beberapa sumber dan jurnal online.

1. Mencegah selulit

Kalium yang ada dalam pisang membantu tubuh dalam mengeluarkan cairan, selain itu berbagai jenis racun pun dapat dengan mudah dikeluarkan tubuh saat kita rutin mengkonsumsi buah ini.

Bila cairan berlebih dan racun dalam tubuh berhasil dikeluarkan maka resiko terhadap selulit dapat kita turunkan. Meski mampu mencegah terjadinya selulit kita masih tetap harus berhati-hati saat mengkonsumsinya, karena dalam satu buah pisang berukuran kecil terdapat 90 kalori.

2. Mengatasi eksim

Eksim merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berdampak langsung pada kulit. Seseorang yang bermasalah dengan eksim biasanya akan lebih sering berhadapan dengan peradangan dan iritasi.

Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan kulit pisang, cukup ambil kulit pisang lalu gosokkan pada kulit yang bermasalah dan tunggu hingga beberapa menit lalu bilas sampai bersih.

Lakukan tips di atas sebanyak tiga kali sehari sampai masalah peradangan dan iritasi akibat eksim dapat teratasi.

3. Mencegah dan menghilangkan keriput

Kulit dan daging pisang memiliki banyak antioksidan dan mineral penting yang dapat melancarkan peredaran darah, oleskan pisang atau kulitnya secara teratur ke bagian kulit lalu bilas hingga bersih untuk mendapatkan kulit kencang bebas keriput.

Vitamin C dan antioksidan dalam pisang diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus membantu tubuh dalam memproduksi kolagen, salah satu jenis protein penting bagi kulit.

4. Menghilangkan noda

Noda pada kulit pada umumnya diakibatkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan kosmetik berlebih atau diakibatkan oleh jerawat. Noda ini biasanya berwarna kecoklatan dan butuh waktu lama untuk menghilangkannya.

Dengan mengoleskan pisang pada bagian tersebut, kita dapat mempercepat proses penyembuhan noda tersebut sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan bersinar.

5. Mengatasi iritasi

Bukan hanya dapat mengatasi iritasi akibat eksim, namun juga dapat meringankan iritasi akibat gigitan serangga atau penggunaan kosmetik yang salah. Iritasi akibat paparan sinar matahari juga dapat diatasi dengan mengoleskan buah pisang langsung pada kulit.

Selain itu sifat antibakteri pada buah pisang dikenal ampuh dalam menghilangkan iritasi atau peradangan yang dipicu oleh bakteri dan kuman.

Kesimpulan

Buah ini bisa disejajarkan dengan tanaman yang telah lebih dulu dikenal sebagai media penyembuh, selain murah dan mudah didapat, pengobatan dengan menggunakan pisang juga terbilang aman untuk semua jenis kulit.

tags: