Manfaat minyak gandum bagi kulit

Manfaat minyak gandumAlam semesta menyediakan berbagai kebutuhan manusia yang bisa dipetik dengan mudah, tinggal bagaimana manusia tersebut memaksimalkannya.

Gandum adalah salah satu contohnya, tanaman ini selain bisa digunakan sebagai pengganti beras juga dapat diekstrak menjadi minyak yang nantinya akan lebih dikenal dengan minyak gandum.

Minyak gandum memiliki banyak manfaat, bukan saja dalam dunia kesehatan namun juga untuk kecantikan. Banyak praktisi kecantikan merekomendasikan minyak ini untuk digunakan langsung pada kulit untuk mendapatkan segala manfaat di dalamnya.

Lalu apa saja manfaat minyak gandum bagi kulit manusia? Berikut uraian selengkapnya.

1. Anti peradangan

Secara alami, peradangan yang terjadi pada kulit karena diakibatkan oleh eksim atau ganguan lain bisa diatasi dengan mudah dengan menggunakan minyak gandum.

Hal ini karena gandum memiliki asam lemak esensial yang bersifat sebagai anti-inflamasi yang bisa digunakan untuk mencegah gatal-gatal dan meringankan iritasi.

Seperti dinyatakan oleh Vincent A. Ziboh di University of California, asam lemak tak jenuh pada gandum sangat mudah diserap dan membantuk kita dalam mengatasi kerusakan akibat kurangnya asam linoleat.

2. Mengurangi kerusakan akibat matahari

Minyak ini mampu untuk meringankan semua bentuk kerusakan akibat paparan sinar matahari seperti kering, pecah-pecah dan perubahan warna kulit tidak merata.

Minyak gandum berperan sebagai pelembab yang bekerja untuk mengembalikan tingkat kelembaban sehingga terbebas dari masalah kulit kering dan gangguan lainnya.

3. Mengatasi pecah-pecah

Masalah ini biasanya muncul di musim dingin ketika udara di dalam ruangan menjadi sangat kering. Retakan atau pecah-pecah pada kulit tersebut sebenarnya diakibatkan oleh menurunnya kadar kelembaban.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan minyak gandum, selain bekerja sebagai pelembab minyak kaya manfaat ini pun bisa digunakan untuk mencegah berbagai persoalan di waktu yang akan datang.

4. Melembutkan kulit

Bukan hanya mampu melembabkan, namun juga dapat dijadikan sebagai pelembut. Antioksidan dalam gandum mudah diserap oleh kulit sehingga mampu melindungi jaringan kulit dari kerusakan akibat faktor eksternal maupun internal.

Penggunaan secara teratur dapat membuat kita terlihat lebih muda dibanding usia kita sebenarnya, oleskan setiap hari secara merata ke seluruh bagian yang diinginkan.

5. Mengurangi efek stretch marks

Pada beberapa kasus, stretch marks mungkin sedikit menyakitkan. Untuk mengurangi efek tersebut kita bisa melakukan pemijatan dengan menggunakan minyak gandum.

Meskipun gandum memang tidak dapat mencegah apalagi mengatasi stretch mark, namun terbukti dapat mengurangi efek atau rasa sakit yang mungkin ditimbulkan oleh gangguan tersebut.

Dari kelilma manfaat yang telah dijabarkan di atas, mengingatkan kita pada khasiat minyak zaitun. Manfaat dalam gandum memang tidak terlalu jauh berbeda dengan khasiat pada olive oil.

tags: