Manfaat Madu Bagi Kulit

Manfaat Madu Bagi KulitTidak diragukan lagi, madu memberikan manfaat besar bagi manusia baik dalam dunia kecantikan maupun kesehatan. Produk yang dihasilkan oleh lebah ini dikenal sebagai obat tradisional dan telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.

Selain digunakan untuk pengobatan, madu juga digunakan dalam berbagai resep kue dan masakan. Rasa manis yang khas dan lezat membuat madu tidak tergantikan oleh pemanis lainnya.

Dalam dunia kecantikan, madu lebih dikenal sebagai bahan alami pelembab kulit dan sebagai obat untuk mengurangi efek akibat peradangan serta iritasi. Sifat anti bakteri yang terkandung di dalamnya juga membuatnya sering dimanfaatkan untuk mencegah infeksi.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang manfaat dan khasiatnya, silahkan baca beberapa keterangan di bawah ini. Berikut adalah beberapa manfaat madu bagi kulit seperti dikutip dari berbagai jurnal ilmiah.

Mencegah kerusakan kulit

Kulit merupakan organ tubuh terluar dan berinteraksi langsung dengan alam sekitar, karena fungsi organ ini melindungi bagian dalam tubuh maka organ inilah yang pertama kali mengalami kerusakan.

Kerusakan bisa disebabkan oleh banyak hal seperti pancaran sinar ultraviolet, radikal bebas, radiasi atau pencemaran lingkungan. Bila tidak dilindungi dengan baik maka kulit akan mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu kulit juga membutuhkan pelindung yang tepat, salah satu pelindung paling baik untuk kulit adalah madu. Pendapat ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Skin Care Resource Center.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa madu sangat efektif dalam mencegah oksidasi dan radikal bebas yang diakibatkan oleh sinar matahari. Selain itu mereka juga menemukan bahwa madu sangat efektif dalam mencegah munculnya kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

Oleskan sedikit madu ke seluruh kulit yang rentan terhadap sinar matahari dan biarkan madu melindungi organ penting ini dari kerusakan dan polusi.

Melembabkan kulit

Para ahli menggambarkan komposisi madu dengan s humectant. Humectant sendiri merupakan zat atau senyawa yang berfungsi untuk menyerap kelembaban dari alam dan menguncinya dari dalam.

Oleh sebab itu jangan heran bila banyak masker wajah yang menggunakan madu sebagai bahan utama pembuatannya, masker wajah berbasis madu memang lebih diperuntukkan bagi kulit kering agar terhindar dari kulit pecah-pecah dan bersisik.

Produk masker ini bisa dengan mudah kita jumpai di toko kecantikan, kita juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan dan peralatan sederhana. Silahkan baca panduannya di halaman berikut [Baca: Cara membuat masker madu].

Mempercepat penyembuhan luka

Salah satu sifat alami madu adalah antimikroba, oleh sebab itu salah satu khasiat madu adalah mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Seperti dinyatakan oleh New Zealand Dermatological Society bahwa susunan senyawa dalam madu terutama gula memiliki osmolalitas tinggi.

Osmolalitas ini menyebabkan mikroorganisme tidak dapat berkembang sehingga luka dapat lebih cepat disembuhkan dan terhindar dari bahaya infeksi.

tags: