Manfaat kunyit bagi rambut

Manfaat kunyit bagi rambutSatu lagi tanaman asia yang telah terbukti baik dalam dunia kesehatan dan kecantikan, kunyit lebih sering digunakan dalam perawatan kulit dalam dunia kecantikan dan jarang diketahui bahwa tanaman ini pun memiliki khasiat dalam menjaga rambut agar tetap sehat.

Meskipun sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan khasiat kunyit dalam mengatasi kerusakan namun tanaman ini telah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai bagian dari perawatan rambut.

Menurut World’s Healthiest Foods, kunyit merupakan makanan yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan pada kulit, iritasi dan berbagai permasalahan pada tulang sendi.

Sekali lagi perlu ditegaskan bahwa dalam kasus pada rambut, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa kunyit dapat mengatasi masalah pada rambut, oleh sebab itu artikel ini hanya akan mengulas berbagai manfaat yang mungkin akan diterima.

Meskipun demikian kami akan berusaha sebisa mungkin untuk menyertakan berbagai pendapat sumber ahli dalam setiap penjelasannya agar tidak jatuh dalam kubangan mitos belaka.

Berikut adalah beberapa manfaat kunyit bagi rambut seperti dikutip dari beberapa tulisan para pakar yang dipublikasikan secara online.

1. Untuk pertumbuhan rambut

Salah satu kandungan kunyit adalah kurkumin, zat ini terbukti dapat menekan perkembangan transmutasi agen beta satu yang dinamakan juga dengan TGF Beta One.

TGF sendiri merupakan hal yang menjadi penyebab kematian folikel sehingga dapat mematikan pertumbuhan. Bila hal ini terjadi maka dapat dipastikan rambut akan mengalami kerontokan dan kebotakan permanen.

Penelitian yang dilakukan oleh L. Huh dan rekan-rekannya di Institut Biospectrum Life Science Korea menunjukkan bahwa kurkumin diketahui dapat menekan pertumbuhan TGF dan ini adalah kabar baik untuk kesehatan rambut.

2. Sebagai pewarna

Warna kuning yang terdapat pada kunyit kita ketahui tidak mudah hilang bahkan setelah dicuci dengan sabun sekalipun, Inilah yang menginspirasi perusahaan tekstil dunia untuk menggunakan tanaman ini sebagai pewarna pada produk mereka.

Selain digunakan sebagai pewarna kain, kunyit juga bisa kita jadikan sebagai pewarna. Tentunya dengan beberapa langkah khusus yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Meskipun hasil yang didapat tidak sebanding dengan pewarna komersial yang lebih merata, namun teori ini membuka cara pandang kita terhadap warna dasar yang ada dalam kunyit.

3. Untuk kulit kepala

Menurut The Golden Spice of Life bahwa kunyit merupakan tanaman yang berfungsi seperti lidah buaya yang dapat mengatasi masalah ketombe dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.

Selain itu sifat antibakeri yang terdapat di dalamnya membuatnya mampu menghilangkan segala macam bakteri, kuman dan jamur yang mungkin menginfeksi kulit kepala sehingga menyebabkan masalah ketombe akut.

Kunyit juga dianggap mampu mengatasi masalah kulit lainnya seperti eksim, namun hal ini belum diakui oleh kalangan medis.

tags: ,