Manfaat kopi bagi kulit

Manfaat kopi bagi kulitSelama ini kita hanya mengenal kopi sebagai salah satu minuman penghilang rasa kantuk atau sekedar untuk menambah semangat. Faktanya kafein dalam kopi memiliki sejumlah manfaat baik dalam dunia kesehatan maupun dalam kecantikan.

Sebenarnya penggunaan kopi dalam dunia kecantikan bukanlah hal yang baru, namun karena tidak dilestarikan maka warisan nenek moyang tersebut hilang ditelan masa.

Namun seiring dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknology sekarang ini membuat para ahli lebih mudah melakukan berbagai penelitian tentang objek tertentu. Salah satunya adalah kopi dan kafein yang terkandung di dalamnya.

Setelah berbulan-beulan melakukan serangkaian penelitian dan study, akhirnya mereka menemukan beberapa khasiat kopi untuk kulit. Berikut adalah beberapa manfaat kopi bagi kulit seperti ditemukan dalam berbagai penelitian para ahli.

Menghilangkan kantung mata

Kantung mata adalah salah satu masalah yang bukan saja menimpa wanita namun juga pria, gangguan ini biasanya datang ketika seseorang kekurangan nutrisi dan terlalu banyak terpapar oleh sinar matahari.

Selain itu faktor usia juga menentukan, karena ini dianggap sebagai bagian dari tanda penuaan pada manusia. Masalah mata panda sebenarnya bisa diatasi dengan kopi, dengan mengoleskan kopi di bagian kantung mata tersebut maka pembengkakan akan sedikit demi sedikit berkurang.

Untuk melakukannya siapkan sebuah kantong lalu masukkan kopi secukupnya, basahi dengan air dan letakkan pada kantung mata selama beberapa menit.

Ulangi langkah tersebut beberapa kali dalam sehari sampai 7 hari lamanya dan niscaya hasilnya sudah mulai terlihat dalam tiga sampai empat hari mendatang.

Mengatasi iritasi

Penelitian yang dilakukan di Seoul National University pada tahun 1981 menemukan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi mampu mengurangi efek iritasi dan peradangan.

Penelitian di atas sebenarnya hanya menguatkan hasil study yang sebelumnya dilakukan oleh Universitas Tennessee di tahun 1978 yang mengungkapkan bahwa dengan menambahkan sedikit kopi bubuk pada krim anti peradangan maka efektifitas krim tersebut akan bertambah.

Menghilangkan selulit

Selulit adalah masalah yang kerap dihadapi wanita baik remaja maupun yang berusia lebih tua, masalah ini sangat mengganggu penampilan karena benjolan pada permukaan kulit terlihat jelas.

Namun banyak cara bisa kita lakukan untuk mengatasi gangguan selulit, salah satunya adalah dengan menggunakan kopi. Keampuhan kopi dalam mengatasi selulit memang tidak perlu diragukan lagi karena berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam kopi memang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Kita hanya perlu membuat scrub dari kopi lalu mengoleskannya ke bagian tubuh bermasalah, bila hal ini dilakukan secara teratur maka dalam beberapa minggu kita sudah dapat melihat hasilnya.

Ketiga hal di atas merupakan manfaat kopi yang telah terbukti secara ilmiah, selain ketiga hal di atas masih banyak lagi yang lainnya. Kami akan mengupdatenya di kesempatan mendatang.

tags: