Manfaat cuka bagi kulit

Manfaat cuka bagi kulitKita mungkin sering mendengar ada beberapa resep kecantikan yang menggunakan cuka sebagai bahan dasarnya, cuka sari apel terutama. Sebenarnya apa saja kandungan cuka tersebut sehingga banyak praktisi dalam dunia kecantikan memanfaatkan bahan yang lebih dikenal sebagai bumbu masak ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami mengumpulkan banyak informasi dari berbagai sumber agar keterangan yang didapat bisa dipertanggung jawabkan dan dapat dijadikan sebagai bahan pijakan untuk para pembaca.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat cuka bagi kulit seperti yang telah dijelaskan dalam berbagai jurnal kecantikan.

1. Untuk kulit kering

Cuka sari apel berguna untuk mengatasi kulit kering, gatal-gatal dan efek iritasi lainnya dengan jalan menyeimbangkan kembali pH kulit. Banyak ahli yang merekomendasikan kita untuk menggunakan bahan ini dalam merawat kulit kering.

Cukup teteskan cuka sari apel ke bola kapas lalu oleskan secara merata ke bagian kulit, diamkan sampai mengering kemudian bersihkan dengan air dingin. Sedangkan untuk iritasi yang berada di daerah sekitar mata, maka mereka menyarankan untuk mencampurkan sedikit air hangat ke cuka sari apel lalu gunakan kapas untuk mengoleskannya ke bagian tersebut.

Lakukan secara perlahan dan hati-hati dan pastikan agar cuka tersebut tidak mengenai bola mata kita. Bahan ini pun bisa kita jadikan sebagai pelembut kulit, caranya masukkan cuka ke dalam bak mandi lalu berendamlah selama beberapa menit.

2. Mengatasi luka bakar

Salah satu bumbu masakan ini terbukti dapat menatralisir sengatan suhu panas pada kulit yang menyebabkan luka bakar. Dengan mengoleskan beberapa tetes cuka pada luka tersebut maka luka akan lebih cepat sembuh dan terhindar dari pembengkakan.

Salah satu cara alternatif yang bisa kita lakukan adalah dengan segera merendam bagian yang terbakar pada cuka dan diamkan sampai rasa panas hilang. Setelah rasa panas itu hilang kita basahi kapas dengan cuka dan meletakkannya di luka tersebut kemudian tutupi dengan plester.

3. Menghilangkan bekas jerawat

Iritasi, warna kecoklatan dan gatal yang ditinggalkan oleh jerawat memang sangat mengganggu. Bekas jerawat ini bahkan menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang.

Untuk menghilangkan masalah tersbut kita bisa menggunakan cuka sari apel, caranya sangat mudah, cukup campurkan beberapa tetes cuka dengan air hangat lalu gunakan kapas untuk mengoleskan cuka tersebut pada bekas jerawat.

Lakukan sebanyak beberpa kali dalam sehari dan dalam 4 atau 7 hari kemudian bekas jerawat tidak ada lagi di wajah kita. Selain cara ini, kami juga pernah mengulas metode lain yang bahannya masih menggunakan cuka.

Silahkan buka halaman berikut untuk mengetahui metode lain yang bisa kita pertimbangkan [Baca: Cuka sari apel dan bekas jerawat]. Di halaman tersebut telah dijelaskan secara menyeluruh mengenai cara pakai, berbagai tinjauan dari ahli dan alternatif lainnya yang bisa kita pilih.

tags: