Manfaat Coklat Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Coklat Bagi Kecantikan – Berbicara mengenai coklat, yang terpikir pertama kali dalam benak anda mungkin tingginya kalori yang bisa berakibat naiknya berat badan, padahal seperti diketahui sebelumnya bahwa coklat memiliki sifat antioksidan alami dan berbagai nutrisi penting lainnya. Terkait dengan hal tersebut, ada penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa beberapa jenis coklat justru membawa banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Salah satu jenis coklat yang dimaksud adalah coklat hitam. Jadi perlu Kita digaris bawahi sebelumnya, coklat yang akan kita bahas kali ini adalah coklat hitam yang sama mudahnya anda temukan di toko makanan atau supermarket terdekat.

manfaat coklat bagi kecantikan

Berikut adalah Manfaat Coklat Bagi Kecantikan Kulit Wajah seperti dikutip dari sumber terpercaya.

1. Memperlambat datangnya tanda penuaan

Konsumsi coklat secara teratur dapat menghindarkan kolagen dari kerusakan, sehingga kulit akan tetap lembut dan kencang. Untuk menghindari asupan kalori berlebih, konsumsilah coklat secukupnya saja.

2. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Manfaat Coklat Bagi Kecantikan disebutkan bahwa Sinar ultraviolet dapat merusak kecantikan dan kesehatan kulit, kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar ini meliputi kanker klit, munculnya flek atau bercak hitam, kulit kering dan lain sebagainya.

Coklat mengandung flavanols yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bukan hanya itu saja, bila coklat dioleskan langsung pada kulit maka dapat menjaga kadar kelembabannya.

3. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Makanan ini kaya akan zat besi, zinc dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah. Peredaran darah yang baik membuat nutrisi dan vitamin yang didapat dari makanan bisa didistribusikan ke seluruh anggota badan secara maksimal. Bila peredaran darah di kulit kepala terjaga, maka kulit kepala dan rambut akan memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya sehingga pertumbuhan rambut akan semakin cepat.

4. Mengangkat sel kulit mati

Coklat bukan hanya untuk dikonsumsi, Manfaat Coklat juga digunakan sebagai bagian penting dalam ‘ritual’ kecantikan. Makanan ini seringkali digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

5. Meningkatkan kilau rambut

Manfaat Coklat Bagi Kecantikan Kulit Wajah selanjutnya adalah mampu meningkatkan kilau rambut. Untuk memperoleh manfaat ini anda harus mengkombinasikannya dengan bahan dasar lainnya seperti madu dan yogurt. Campurkan coklat ke dalam mangkuk yang telah berisi madu dan togurt lalu aduk sampai rata. Setelah adonan jadi, oleskan pada rambut secara merata dan biarkan selama satu jam lalu cuci dengan sampo.

6. Menghaluskan kulit

Penelitian yang dilakukan oleh Columbia University menemukan bahwa manfaat coklat bagi kecantikan adalah menghaluskan dan melembutkan kulit.

Baca Juga : 7 Masalah Rambut Pria Wanita dan Solusi Alaminya

Setelah mengetahui Manfaat Coklat Bagi Kecantikan Kulit Wajah di atas, tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menghindari makanan kaya manfaat ini.

Cara Membuat Masker Coklat Untuk Kecantikan

membuat masker coklat

Manfaat Coklat Bagi Kecantikan tidak hanya bisa dijadikan sebagai makanan, namun banyak manfaat yang dikandungnya baik untuk sehatan maupun kecantikan. Khasiat tersebut telah diakui dalam dunia medis jadi tidak ada yang perlu diragukan lagi tentang makanan ini.

Meskipun demikian masih banyak yang percaya bahwa coklat dapat menyebabkan jerawat, padahal fakta sebenarnya tidak seperti itu. Berbagai penelitian menemukan bahwa makanana ini tidak seperti apa yang orang pikirkan selama ini. Coklat bukan termasuk ke dalam salah satu makanan yang bisa memicu munculnya jerawat, bahkan beberapa lembaga menyatakan coklat justru dapat membuat kulit halus jika digunakan dengan benar.

Columbia University misalnya, dengan tegas membantah kepercayaan sebagian orang yang mengangga coklat dapat memicu gangguan pada kulit. Menurut lembaga ini coklat dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus dibanding sebelumnya. Berdasarkan teori ini kita ketahui bahwa manfaat masker coklat bisa menghaluskan sekaligus melembutkan kulit penggunanya. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Berikut adalah cCara Membuat Masker Coklat Untuk Kecantikan yang bisa digunakan untuk melembutkan dan menghaluskan kulit wajah.

Bahan-bahan

  1. Coklat murni berbentuk krim
  2. Madu secukupnya
  3. Keju
  4. Air dingin
  5. Handuk
  6. Mangkuk

Tidak susah mendapatkan coklat murni, bahan makanan ini bisa kita peroleh di toko penjual makanan. Bisa berbentuk batangan atau sudah seperti cream, keduanya bisa digunakan.

Langkah-langkah Cara Membuat Masker Coklat Untuk Kecantikan

Masukkan 1/3 coklat ke dalam mangkuk dan campurkan juga keju, untuk berapa banyak jumlah coklat yang akan kita gunakan silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Aduk terlebih dahulu hingga rata kemudian tuangkan madu ke dalamnya . Kembali kita aduk ketiga bahan tersebut sampai benar-benar rata dan berubah menjadi krim atau adonan.

Setelah proses tersebut selesai maka sekarang kita telah memiliki krim coklat yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kelembutan kulit wajah atau bagian tubuh lainnya.

Terapkan secara perlahan masker tersebut ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk kering.

Peringatan

Jika sisa masker hendak digunakan di lain waktu maka masukkan ke dalam wadah dan tutup dengan plastik kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin atau jauh dari suhu panas. Masker ini bisa kita simpan selama satu minggu, lebih dari itu maka sudah tidak bisa digunakan kembali. Untuk itu buatlah secukup mungkin agar tidak ada yang terbuang sia-sia.

Baca Juga : Manfaat Santan Kelapa Bagi Kulit Dan Rambut

Bahan-bahan yang dipergunakan pun harus segar dan tidak kadaluarsan meskipun bahan tersebut tidak untuk dimakan. Hal ini penting untuk menghindari segala macam bakteri yang biasanya ada dalam makanan kadaluarsa. Jika bakteri tersebut mengenai kulit dan menginfeksinya maka bukan tidak mungkin kulit malah akan semakin rusak dan mengalami peradangan atau iritasi. Jika masker ini hendak dijadikan sebagai media untuk pengelupasan kulit maka tambahkan sedikit baking soda, untuk tahap selanjutnya tidak ada yang berbeda.

tags: