Manfaat Bawang Untuk Jerawat

Manfaat Bawang Untuk JerawatKerusakan yang diakibatkan oleh gangguan jerawat bisa meliputi jaringan kulit sehingga akan muncul lubang dan perubahan warna pada kulit itu sendiri. Hal ini tentu sangat mengganggu jika kita termasuk orang yang beraktifitas di depan orang banyak.

Namun untuk sekarang ini, banyak solusi ditawarkan mulai dari terapi laser, pembedahan, cangkok kulit, dermabrasi atau produk yang dianggap dapat menghilangkan masalah tersebut.

Diantara sekian banyak produk penghilang bekas jerawat yang beredar bebas di pasaran, krim yang mengandung ekstrak bawang merahlah yang dianggap lebih ampuh dibanding produk lainnya.

Krim seperti ini telah banyak dijual dan mudah didapatkan, harganya yang relatif murah menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan krim ini dibanding opsi pengobatan lain.

Karena mengandung ekstrak bawang merah, maka khasiat yang terkandung dalam krim ini memiliki kesamaan dengan manfaat bawang merah itu sendiri. Artinya adalah, manfaat dari krim tersebut bisa kita dapatkan dengan hanya mengoleskan bawang merah ke bagian kulit bermasalah tersebut.

Untuk lebih jelasnya, di bawah akan kami jelaskan manfaat apa saja yang ada dalam bawang merah untuk mengurangi luka atau bekas jerawat. Berikut adalah tiga manfaat bawang untuk jerawat seperti dikutip dari beberapa sumber dan jurnal kecantikan.

1. Mencegah produksi kolagen

Kolagen memang sangat dibutuhkan kulit untuk meningkatkan regenerasi kulit, namun bila terjadi pada bekas luka maka yang akan muncul adalah jaringan tebal pada luka tersebut.

Luka akan semakin terlihat jelas karena ada bagian yang menonjol, oleh sebab itu pembentukan kolagen harus dikurangi selama masa penyembuhan. Untuk mengurangi produksi kolagen pada bagian luka, American Chronicle menyatakan bahwa ekstrak bawang adalah salah satu langkah yang bisa diambil.

Bila hal ini dilakukan secara teratur maka bekas luka tersebut akan memudar dan hilang dengan sendirinya. Perlu dicatat bahwa cara ini hanya berlaku jika noda jerawat tidak merusak kulit bagian dalam dan membentuk cekungan.

2. Menangkal peradangan

Manfaat bawang lainnya adalah mencegah timbulnya peradangan pada kulit. Tanda peradangan yang paling sering ditemukan meliputi kulit berwarna kemerahan, rasa gatal bahkan pembengkakan.

Menurut Journal of Wound Care yang diterbitkan pada tahun 2007 menyebutkan bahwa dengan mengoleskan ekstrak bawang pada bagian luka berguna untuk mengurangi peradangan sekaligus menyamarkannya.

Selain dapat mencegah peradangan, ekstrak bawang juga dikenal ampuh dalam mengurangi perubahan warna pada kulit yang diakibatkan oleh peradangan dan iritasi.

3. Mencegah lubang bekas jerawat

Manfaat terakhir ini hanya sebagai langkah pencegahan dan bukan sebagai penyembuhnya. Dengan mengoleskan bawang secara teratur pada jerawat, dapat mencegah terjadinya kerusakan dibagian dalam jaringan kulit serta menangkal terjadinya pembentukan lubang.

tags: ,