Makanan yang harus dihindari oleh kulit sensitif

Makanan yang harus dihindari oleh kulit sensitifJika kulit anda sering mengalami iritasi, gatal-gatal dan tanda alergi lainnya ketika menggunakan beberapa produk kecantikan, maka mungkin kulit yang anda miliki bersifat sensitif.

Kulit sensitif memang lebih peka dibanding dengan jenis lainnya sehingga akan mudah bereaksi ketika bersentuhan dengan senyawa atau bahan kimia dalam suatu produk tertentu.

Bukan hanya produk perawatan yang harus diwaspadai, karena bisanya makanan pun akan menimbulkan gejala iritasi bila dikonsumsi. Makanan apa saja yang bisanya memicu terjadinya iritasi dan alergi? Berikut penjelasannya.

Di bawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh kulit sensitif agar terhindari dari gatal-gatal dan iritasi.

1. Makanan mengandung gluten

Untuk lebih mudahnya dalam memahami apa itu gluten, maka seluruh protein dalam gandum dianggap sebagai gluten. Bila zat ini dikonsumsi maka akan menyebabkan berbagai masalah pada usus pengkonsumsinya, dalam banyak kasus umumnya menimbulkan ruam dan gatal-gatal.

Untuk mengetahui apakah kita termasuk ke dalam kelompok yang rentan terhadap protein jenis ini adalah dengan mengkonsumsinya. Bila ternyata ditemukan tanda iritasi dan alergi pada kulit atau bagian tubuh lainnya maka mungkin kita termasuk ke dalam kelompok tersebut.

Namun ini bukan berarti bahwa gluten lah penyebabnya, kita mungkin memiliki alergi terhadap makanan lainnya. Untuk memastikan makanan apa yang memicu hal tersebut, kita bisa coba mengeliminasinya satu persatu.

Bila saat mengeliminasi gluten tidak ditemukan gejala iritasi maka hampir dipastikan bahwa glutenlah penyebabnya, namun saat mengeliminasi gluten tanda atau gejala tersebut tetap ada maka ada kemungkinan makanan lain lah yang menyebabkan hal tersebut.

2. Produk susu

Beberapa orang memiliki alergi terhadap susu, bahkan tidak sedikit yang phobia terhadap salah satu jenis minuman ini. Jika produk minuman ini diminum oleh orang yang memiliki kulit sensitif dan memiliki eksim maka gangguan eksim tersebut akan bertambah parah.

3. Telur

Bagian telur yang sering menyebabkan alergi adalah putih telur, histamin pada beberapa orang menganggap bahwa putih telur termasuk zat asing yang tidak dikenali sehingga tubuh akan melakukan perlawanan.

4. Kedelai

Tidak sedikit orang yang sistem pertahanan tubuhnya menganggap kedelai sebagai zat asing dan berbahaya sehingga secara otomatis akan menolak makanan tersebut.

Akibatnya kulit akan terasa gatal-gatal, panas seperti terbakar dan berwarna kemerahan. Ini semua adalah tanda alergi, karena kedelai sering dimasukkan dalam berbagai jenis makanan maka bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan ini diharap untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

5. Buah anggur

Anggur memiliki senyawa yang dinamakan dengan tanin, tanin ini bisa memicu reaksi berlebih pada kulit dalam beberapa kasus. Meskipun gejala yang ditimbulkannya baru terlihat setelah dikonsumsi dalam jumlah banyak, namun tidak menutup kemungkinan tanda alergi akan segera dirasakan saat mulai memakannya.

tags: