Makanan yang Harus Dihindari Dalam Diet Feingold

Makanan yang Harus Dihindari Dalam Diet FeingoldSeperti dijelaskan sebelumnya bahwa metode ini dirancang khusus untuk orang atau anak yang memiliki masalah dengan hiperaktif. Metode ini kedengarannya sangat mudah dilakukan namun ternyata cukup sulit jika dilakukan.

Salah satu kesulitan dalam metode ini adalah menentukan makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dan makanan seperti apa yang memang diperkenankan. Kaitan makanan dengan hiperaktif pada seseorang sendiri terletak pada kandungan aspirin dan salisilat, karena beberapa ahli berkeyakinan bahwa prilaku hiperaktif bisa dipicu oleh makanan yang mengandung keduanya.

Untuk memudahkan anda dalam menjalankan metode ini, kami telah mengumpulkan beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi, pada tulisan selanjutnya baru kami akan mengulas tentang makanan yang boleh dimakan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang harus dihindari dalam diet feingold seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Mengandung pemanis buatan

Pemanis buatan digunakan untuk menggantikan peran gula yang dianggap lebih memakan biaya produksi, zat ini sebenarnya tidak terlalu baik untuk kesehatan manusia pada umumnya. Terlebih bagi penderita hiperaktif, zat pemanis dapat memicu munculnya gangguan tersebut.

Oleh karena itu hindari semua jenis makanan yang mengandung pemanis buatan baik berbentuk makanan ringan, permen dan lain sebagainya. Terkait dengan pemanis buatan, ada fakta menarik dari penelitian yang dilakukan oleh B. Kristen di East Carolina University.

B. Kristen mencampurkan aspartam atau pemanis buatan ke dalam minuman tikus, setelah empat bulan kemudian, tikus tersebut tidak mampu lagi menemukan hadiah yang diletakkan dalam sbuah labirin meskipun sebelumnya hewan ini mampu menemukannya dengan baik.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan dapat mengganggu atau merusak fungsi otak. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan pada Mei tahun 2004 dalam sebuah jurnal berjudul Pharmacology, Biochemistry and Behavior.

Makanan yang mengandung pewarna dan pengawet buatan

Dalam sebuah jurnal berjudul Prescrire Internasional yang diterbitkan tahun 2009 menyatakan bahwa anak atau orang yang mengkonsumsi makanan berpengawet atau pewarna buatan mengalami peningkatkan hiperaktif.

Kedua zat tersebut bukan hanya berbahaya bagi orang yang bermasalah dengan hiperaktif, namun juga bagi keseluruhan manusia. Untuk itu pastikan anda membatasi konsumsi makanan dan minuman jenis apapun yang mengandung zat berbahaya tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa label pada makanan tidak seluruhnya benar, beberapa produsen makanan justru menyembunyikan bahan yang dimasukkan ke dalam makanan atau minuman tersebut.

Makanan yang mengandung salisilat

Hampir semua jenis buah dan sayur mengandung zat ini, oleh sebab itu kita tidak mungkin selamanya menghindari makanan-makanan sehat tersebut. Kita hanya menghindari makanan ini ketika mulai menjalankan metode ini.

Setelah beberapa lama baru kemudian kita mulai mencoba kembali makanan tersebut satu demi satu untuk mengetahui apakah menimbulkan alergi atau tidak.

Jika hasilnya tidak menimbulkan laergi maka silahkan konsumsi dengan tidak berlebihan, namun jika ditemukan alergi setelah mengkonsumsinya maka hindari makanan tersebut.

Adapun beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung salisiat meliputi buah apel, berry, aprikot, brokoli, alpukat, mentimun, kopi, ceri, jeruk, cengkeh, anggur, minyak zaitun, kiwi, nanas, paprika, kismis, tomat, stroberri dan teh.

tags: