Makanan yang diperbolehkan dalam diet detox

Makanan yang diperbolehkan dalam diet detoxDiet detox dianggap metode paling sehat dan ampuh dalam menurunkan berat badan. Prinsip dasar metode ini adalah mengkonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang telah ditetapkan agar seluruh jenis racun yang berada dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Bila racun-racun tersebut dapat dikeluarkan dengan baik maka metabolisme tubuh akan meningkat dan proses pembakaran lemak dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Meskipun metode ini dianggap kurang menyehatkan bagi beberapa pakar gizi, namun di mata pesertanya metode ini diklaim sebagai salah satu program diet paling manjur.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang diperbolehkan dalam diet detox seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Buah dan sayuran mentah

Karena tujuan utama dari diet ini adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh maka buah dan sayur adalah makanan utama dalam detox. Hal ini tidak mengherankan karena kedua jenis makanan ini dikenal dengan kandungan vitamin dan nutrisi penting yang dapat mengeluarkan racun.

Hampir seluruh jenis buah dan sayur diperbolehkan dalam metode ini, kecuali jeruk bagi orang yang memiliki masalah dengan organ hatinya. Buah dan sayur harus dikonsumsi mentah-menat agar semua kandungan penting di dalamnya tidak mengalami kerusakan akibat suhu panas.

2. Biji-bijian

Biji-bijian juga termasuk ke dalam makanan yang diperbolehkan dalam diet ini, makanan ini berperan dalam melancarkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Adapun jenis biji-bijian yang diperbolehkan adalah biji-bijian yang tidak melalui proses pengolahan seperti beras merah, bubur gandum dan lain sebagainya.

3. Protein

Seluruh makanan yang dikenal sebagai sumber protein bisa dikonsumsi kecuali produk susu. Sumber protein yang diperkenankan harus memenuhi syarat seperti bebas kandungan gula.

Kita bisa memilih ikan atau daging sebagai sumber utamanya, namun perlu diperhatikan kandungan kolesterol dalam daging agar tidak mengganggu organ jantung.

4. Minuman

Metode ini hanya memperkenankan para pesertanya untuk meminum air putih, selain itu dianjurkan pula untuk meminum air hangat di pagi hari, jus lemon di siang hari.

Sedangkan jenis minuman yang tidak diperbolehkan adalah kopi, teh dan soda. Ketiganya diketahui memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi sehingga dianggap tidak memenuhi syarat dalam program ini.

Jika saat menjalankan program ini kita senantiasa mengontrol makanan yang kita konsumsi setiap harinya maka racun-racun dalam tubuh bisa segera dikeluarkan dan metabolisme dapat bekerja lebih baik lagi.

Makanan di atas memang dirancang untuk meningkatkan metabolisme tubuh, karena metabolisme tubuh adalah faktor utama keberhasilan kita dalam membakar seluruh timbunan lemak di beberapa titik bagian tubuh.

tags: