Makanan yang dilarang dalam diet detox

Makanan yang dilarang dalam diet detoxSeperti namanya, detox memiliki arti pembersihan diri dari segala jenis racun yang berada dalam tubuh. Oleh sebab itu metode ini bertumpu pada makanan syarat gizi dan nutrisi.

Makanan tersebut tentu saja berasal dari buah dan sayuran segar. Metode ini memang tidak memiliki banyak bukti ilmiah sehingga banyak ahli yang masih meragukan keefektifannya.

Namun tidak sedikit pula yang memberikan dukungannya, salah satunya berasal dari Dr. Frank Lipman, seorang pendiri sekaligus direktur di sebuah lembaga bernama Eleven Eleven Wellness Center.

Dr. Frank Lipman menuturkan bahwa ia telah banyak melihat banyak orang yang tingkat kesehatannya meningkat setelah menjalankan program detox. Jika sebelumnya kita telah mengulas makanan apa yang diperbolehkan dalam metode ini, maka kali ini kita akan membahas tentang makanan yang dilarang.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dilarang dalam diet detox seperti dikutip dari beberapa jurnal kesehatan.

1. Sulit dicerna

Detox baru bisa bekerja secara maksimal bila seluruh sistem tubuh berjalan dengan normal, salah satu organ yang dibutuhkan adalah sistem pencernaan.

Oleh sebab itu detox melarang pesertanya mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna, Dr. Alejandro Junger menyarankan kita untuk menghindari gandum, es krim, mentega, jagung, keju, produk susu dan yogurt.

Makanan di atas dianggap sulit diproses oleh sistem pencernaan kita dan dikhawatirkan dapat mengganggu diet yang sedang kita jalankan. Aturan ini berlaku selama 21 hari.

2. Berpotensi menimbulkan alergi

Point ini mungkin tidak berlaku bagi orang yang tidak memiliki alergi terhadap salah satu makanan tertentu, namun bila kita memiliki alergi terhadap salah satu makanan atau memang rentan terhadap makanan tersebut maka dianjurkan untuk menghindarinya.

Makanan yang diketahui dapat memicu alergi pada sebagian orang diantaranya kacang tanah, tomat, kedelai, stoberi, telur, paprika dan terong.

3. Produk hewani

Dalam detox, kita dianjurkan untuk menghindari semua jenis makanan berasal dari hewan seperti daging, ikan, unggas dan domba. Akan tetapi jika kita hanya bisa memperoleh protein dari hewan maka disarankan untuk mengambilnya dari daging tanpa atau rendah lemak.

4. Mengandung gula atau pemanis buatan

Gula diketahui dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga akan menjadikannya rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Oleh karena itu Dr. Frank Lipman menyarankan kita untuk menghindari semua makanan bergula atau mengandung pemanis buatan selama menjalankan metode detox. Semua makanan olahan yang mengandung gula pun harus dihindari.

5. Kopi

Kopi termasuk minuman yang harus dihindari selama proses detoksifikasi, kandungan kafein di dalamnya dianggap dapat mengurangi efektifitas program diet ini.

Bukan hanya kopi, kita pun dilarang meminum minuman bersoda karena minuman ini justru bertolak belakang dengan tujuan awal kita yakni mengurangi berat badan.

tags: