Makanan yang dilarang dalam diet atkins

makanan yang dilarangPada kesempatan terdahulu kita telah bersama-sama mengulas secara mendalam tentang apa saja yang perlu kita ketahui tentang metode ini sebelum mulai menjalankannya [Baca: Yang harus kita ketahui tentang metode diet atkins].

Setelah mengetahui detail mulai dari sejarah, tujuan dan peraturan-peraturannya, tentu kita sudah harus mengenal makanan apa saja yang diwajibkan untuk dikonsumsi dan makanan yang dilarang.

Kali ini kita hanya akan mengulas tentang makanan yang tidak diperbolehkan atau harus dibatasi setiap harinya, untuk menu wajib dalam diet atkins, kita akan membahasnya esok hari.

Berikut adalah beberapa makanan yang dilarang dalam diet atkins seperti yang dikutip dari sumber resmi dan para ahli.

1. Tepung dan karbohidrat

Hindari semua bentuk makanan yang mengandung salah satu atau keduanya, beberapa makan tersebut meliputi biji-bijian, pasta, beras dan kacang-kacangan.

Bahan makanan yang telah disebutkan di atas pada umumnya mengandung karbohidrat 20 gram perporsinya. Konsumsi karbohidrat sebanyak itu dalam fase induksi tidak diperbolehkan.

Alasan dibalik aturan ini adalah karbohidrat dan tepung dapat meningkatkan kadar glisemik dalam tubuh sehingga menyebabkan kadar gula tidak stabil.

2. Makanan olahan

Makanan olahan biasanya mengandung banyak lemak, santan dan gula kurang baik untuk dikonsumsi, beberapa contoh tersebut meliputi permen, kerupuk, es krim, biskuit dan keripik kentang.

Sebenarnya makanan ini bukan saja dilarang dalam diet atkins, namun juga pada semua gaya hidup yang berhubungan dengan pola makan. Makanan olahan diketahui banyak mengandung zat yang tidak dibutuhkan tubuh, kandungan gizi dan nutrisinya yang minim membuat makanan ini masuk ke dalam kelompok makanan tidak sehat.

3. Sayur-sayuran

Tentu saja tidak semua sayuran dilarang dalam program diet ini, hanya sayuran yang rendah karbohidrat sajalah yang diperbolehkan dalam metode ini.

Untuk sayuran yang banyak mengandung karbohidrat sangat tidak dianjurkan. Beberapa contoh sayuran dengan karbohidrat tinggi diantaranya bawang, kembang kol, alpukat, kacang-kacangan, rebung, wortel dan bayam.

Sekali lagi perlu diperhatikan, tidak semua program diet bisa kita jalankan, ada beberapa program yang tidak bisa dijalankan oleh kelompok orang tertentu. Untuk mengetahui hal tersebut konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi terdekat.

4. Roti

Semua jenis roti yang terdiri dari tepung dan gandum tidak diperbolehkan dalam tehnik diet ini, kedua bahan tersebut mengandung karbohidrat tinggi sehingga dapat menyebabkan ketidakstabilan kadar gula dalam darah.

Hanya roti yang menggunakan biji rami dan bahan lain sajalah yang diperbolehkan.

5. Gula

Selain melarang dan membatasi pelaku mengkonsumsi karbohidrat, diet atkins juga memberlakukan larangan pada penggunanya untuk mengkonsumsi makanan bergula.

Alasannya sangat jelas, yaitu untuk mencegah dan menghindari kadar gula yang tidak stabil yang dapat menghalangi niat dan tujuan kita.

tags: